Kali ini kita akan berbagi tips cara merawat lidah mertua atau bahasa latinnya Sansevieria. Tanaman Sansivera ini termasuk dalam kategori mudah dalam merawatnya. Tanaman lidah mertua ini bagus untuk hiasan di dalam rumah/indoor. Disamping untuk hiasan rumah, tanaman lidah mertua ini juga mempunyai manfaat detoksifikasi racun dalam ruangan. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas secara detail sebagai berikut.

Lidah Mertua

Lidah Mertua

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua / Sansevieria

Untuk penyiraman bisa dilakukan seminggu sekali, atau bisa juga dilihat media nya. Jika media masih basah, maka tidak perlu untuk disiram. Jadi penyiraman dilakukan jika media benar-benar sudah kering.

Untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk NPK dengan rentang waktu dua bulan sekali. Untuk penyemprotan, bisa menggunakan cara alami yaitu dengan bahan rendaman daun bawang merah/putih yang didiamkan selama satu hari. Hasil rendaman tersebut kemudian disemprotkan ke bunga dan daun lidah mertua tersebut. Dengan kombinasi pupuk dan media yang sesuai biasanya tunas baru akan lebih cepat muncul.

Pencegahan Hama

Biasanya tanaman sansevieria atau lidah mertua itu rentan terhadap hama atau kutu putih yang menempel di dasar atau pangkal daun. Untuk itu kita harus mencegah dan mengobatinya dengan seksama. Hama putih ini bisa menyebabkan daun layu, tidak sehat dan lama-lama membusuk. Untuk mengobatinya, kita bisa menggunakan sabun cuci piring atau sunlight satu sendok dicampur dengan air satu gayung.

Pencegahan Hama Putih

Pencegahan Hama Putih

Caranya adalah kita siramkan larutan air sunlight tersebut ke dalam media didalam pot sampai menggenang. Dan diamkan kurang lebih 5-10 menitan. Biasanya hama dan kutu putih tersebut akan keluar sendiri. Setelah larutan habis, kita akan bilas media tersebut dengan air putih sampai benar-benar tidak ada lagi residu atau sisa sunlight di media. Sembari membilas kita bisa membersihkan hama putih di daun dengan kain.

Tips Penyiraman

Ada tips yang sangat berguna bagi anda yang suka dengan tanaman lidah mertua ini yaitu mengenai penyiraman. Sebaiknya anda memakai sprayer atau alat semprot dalam penyiramannya. Semprotkan tipis-tipis di daun lidah mertua secara merata sehingga media tidak terlalu banyak air. Hal ini berguna untuk mencegah hama putih datang kembali. Sembari disemprot kita bisa bersihkna daunnya.

Penyiraman Lidah Mertua

Penyiraman Lidah Mertua

Media Tanam

Komposisi media tanam bisa menggunakan campuran tanah, sekam mentah, sekam bakar, kohe/kotoran hewan dan pasir malang. Pastikan juga media tidak terlalu padat sehingga mempunyai sifat poros agar air dapat mengalir dengan lancar.

Demikian tips dan cara dalam merawat tanaman lidah mertua atau sansevieria. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat buat sahabat semua.

Baca Juga : Cara Mempercepat Tunas Lidah Buaya