Halo sahabatku masih di tanamanbuah.com , kali ini saya akan berbagi pengalaman lagi ya bagaimana caranya merawat tanaman jeruk chokun atau jeruk BW. Anda bisa lihat gambar dibawah ini adalah jeruk chokun saya atau jeruk BW yang berumur kurang lebih 1 tahun setengah. Tanaman sekitar November akhir Desember awal di tahun 2017, sehingga sekarang bulan Mei 2019 itu umurnya 1 tahun setengah. Oke pertama yang perlu anda perhatikan bahwa tanaman Anda yang sudah berumur sekitar 1 tahun, Anda harus rajin-rajin memangkas ranting yang ada di bawah dan tunas air supaya pertumbuhannya untuk tanaman utamanya itu bagus.

Jeruk Chokun

Jeruk Chokun

Nah ranting-ranting dibawah juga harus dikurangin karena kalau terlalu rimbun saat penyemaian nanti akan terhambat / terganggu. Kemudian pada tanah pangkal bawah usahakan untuk tidak tertutupi oleh daun dan ranting, agar sinar matahari bisa tembus ke akar bawah sehingga tidak mengganggu kesehatan tanaman. Selanjutnya untuk tanaman jeruk BW itu pada saat umur menjelang 1 tahun dapat dipastikan berbunga kemudian berbuah. Nah, untuk memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman jeruk maka anda harus rajin-rajin memangkas buah perdana. Buah perdana ini harus kita pangkas/potong karena kalau tidak dipotong/pruning maka tanaman jeruk hanya fokus nutrisinya diberikan pada buah. Nanti kita akan rugi dan pertumbuha pohonnya akan terhambat.

Baca Juga : Cara Stek Jeruk Nipis dan Lemon dengan Mudah

Pruning Jeruk

Pruning Jeruk

Maka solusinya ya harus kita hilangkan/pruning. Jeruk BW ini meskipun kita pelihara sebelum umur tanaman itu menjelang 2 tahun setengah ke atas atau 3 tahun itu biasanya tetap akan rontok pada saat buahnya besar karena nutrisinya tidak tercukupi dan batangnya belum cukup untuk bisa memberikan nutrisi. Karena itu kita harus pangkas aja daripada tetap kita pelihara. Anda haru rajin memeriksa setiap tanaman yang akan di pruning. Jangan lupa ranting nya dikumpulkan karena ada durinya agar saat melangkah nanti tidak terkena duri.

Kemudian setelah pemangkasan buah anda perhatikan juga kita harus membentuk ranting atau percabangan pohon semaksimal mungkin. Pohon jeruk semakin rantingnya lebat, semakin rantingnya banyak, maka akan dipastikan kita nanti akan menghasilkan buah yang lebih banyak. Tentu saja harus ditopang dengan batang bawah yang besar. Untuk melebatkan ranting, maka kita harus rajin-rajin mengatur percabangan dengan cara cara pemangkasan ranting. Nah, ranting seperti apa yang perlu kita pangkas ? yaitu ranting-ranting yang panjang tapi belum beranak cabang. Silakan lihat gambar dibawah ini.

Pemangkasan Cabang pada Jeruk

Pemangkasan Cabang pada Jeruk

Kita bisa pangkas dengan jarak dari cabang utama hanya sekitar 50 senti sampai 60 centi. Nanti akan diharapkan dia punya anak cabang. Pruning juga bisa dilakukan pada cabang tua karena biasanya pertumbuhannya itu hanya stagnan tidak bertambah, jadi kita potong saja nanti dia akan memaksimalkan batang muda nya. Silakan lakukan pruning secara konsisten terhadap tanaman jeruk anda sehingga hasilnya bisa maksimal.

Mudah-mudahan bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel mengenai cara merawat tanaman jeruk pada edisi kali ini. Nantikan tips dan tutorial pertanian berikutnya.