putik jambu madu

Bunga Pada Jambu Madu Tabulampot

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang pemupukan jambu madu yang sedang bebunga dan berputik. Kita bisa memberikan pupuk ketika jambu madu sudah mulai berbunga / berputik tetapi harus dilihat dulu mana yang lebih banyak bunga nya / putiknya. Apabila kita menemukan bunga lebih banyak daripada putik, maka kita tidak perlu memerlukan pemupukan. Akan tetapi pentil / putik lebih banyak dari calon bunga yang bermunculan kita tetap melakukan pemupukan, karena kita akan menyelamatkan putik-putik yang sedang lebat. Jadi bunga yang muncul setangkai dua tangkai kita abaikan.

baca : Cara Menanam Jambu Madu Tabulampot

Kita menyikapi mana yang lebih banyak, apakah putik yang lebih banyak atau calon bunga yang lebih banyak. Jadi intinya apabila putik yang lebih banyak, kita tetap melakukan pemupukan dan apabila calon bunga yang lebih banyak kita menghentikan jadwal pemupukannya. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan diaplikasikan, insya Allah akan menuai keberhasilan.

Pemupukan NPK Sistem Kocor Pada Tabulampot Jambu Madu

pemupukan jambu madu kocor

Pemupukan Kocor pada Jambu Madu

Untuk pemupukan NPK (untuk pupuk yang lain tinggal mengaplikasikannya saja) sistem kocor bisa menggunakan perbandingan satu sendok makan satu pot. Sementara kita akan memupuk tiga pot, bagaimana caranya ?

Kita ambil NPK tiga sendok karena kita mau memupuk tiga pot. Kita harus menghitung jumlah air yang akan kita jadikan sebagai pelarut. Contoh : seandainya nanti satu tanaman akan kita beri penyiraman satu botol / satu liter, maka kita akan melarutkan tiga liter air. Maka kita akan menaruhkan satu botol (1 liter) ke dalam ember dan ditambahkan air 2 liter lagi. Jadi dalam pemberiannya nanti, kita akan memberikan satu liter pupuk ke dalam satu pot, dan 2 liter lagi ke dalam 2 pot. Sehingga dosis yang akan kita kocorkan pada tanaman akan terukur. Memupuk dengan cara kocor merupakan salah satu cara dari 3 tekhnik pemupukan, yang pertama adalah cara memupuk ditabur, ada juga cara dipendam dan yang terakhir di kocor. Khusus dikocor ini harus detail dalam dosis yang akan diberikan.

Kalau seandainya kita ingin memupuk dan menyiram sekaligus, maka kita jadikan satu sendok makan perbandingannya 2 liter. Jadi kita tambah lagi tiga liter ke dalam ember. Berarti kita akan memberikan dua liter air dalam satu pot. Jika ingin memberikan satu pot nya tiga liter air dalam satu pot otomatis kita akan menambah tiga liter lagi, begitu seterusnya sesuai dengan dosis yang dikehendaki.

Cara Aplikasi Pemupukan Kocor Pada Jambu Madu Tabulampot

Katakanlah kita akan memberikan satu banding tiga, satu pot kita harus beri tiga liter air yang akan kita kocorkan / siramkan secara melingkar. Karena jumlah airnya banyak juga berfungsi menyirami tanaman sekaligus memupuk. Lanjut ke pot berikutnya kita berikan tiga liter air juga. Intinya dosis harus diperhatikan, dalam hal ini satu sendok untuk tiga liter air.

Kalau seandainya jadwal pemberian TSP dan KCL, ya sama saja, kalau seandainya kita akan memupuk tiga pohon, kita ambil kita ambil tiga sendok makan TSP dan tiga sendok teh KCL kita larutkan duu. Kalau seandainya satu paket tadi TSP dan KCL mau kita larutkan ke dalam tiga liter, artinya kita akan memberi satu pot satu liter, kalau kita larutkan ke dalam 6 liter berarti satu pot mendapat dua liter, kalau mau 9 liter air artinya satu pot mendapatkan 3 liter. Kuncinya jauh lebih baik memperbanyak volume air nya supaya pupuk yang kita berikan secara kocor bisa cepat merata sampai perakaran yang paling bawah, sehingga akar akan menghisap secara serentak.

Mudah-mudahan bermanfaat walaupun ilmu sepele, tetapi kalau bisa dimanfaatkan semoga bisa membawakan hasil yang baik bagi tanaman kita. Terimakasih, maju terus pertanian Indonesia.