Tanaman Bougenville atau orang Indonesia biasa mengeja dengan sebutan bugenvil memang menjadi cirikhas Nusantara. Keberadaanya tidak sulit untuk dijumpai baik di perkantoran, sekolah, rumah sakit maupun di pekarangan rumah sekalipun. Karena daya tahan yang cukup baik di daerah tropis menjadikan bunga ini mudah untuk di pelihara. Baik kali ini TanamanBuah akan mencoba memberikan tips seputar perawatan bunga bougenville agar berbunga rimbun dan lebat.

Aneka Warna Bunga Bougenville

Ada beberapa jenis bougenville yang telah saya perbanyak dari batang tua sebelumnya. Kemudian saya lakukan proses penyambungan kombinasi berbagai macam warna pada tanaman bougenville ini baik dari bunga maupun daun. Disini saya akan memberikan tips bagaimana cara merangsang pembungaan pada bunga bougenville yang mana proses pembungaan tersebut akan terjadi secara terus menerus dengan kerapatan daun hanya 30 persen saja, sedangkan sisanya adalah bunga yang lebat. Nah, apa saja tips nya ? simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Memupuk Tanaman Buah

Para pecinta tanaman hias, kita bisa lihat pada gambar diatas bahwa hampir semua bunga yang saya sambungkan sudah berbunga semua. Disini rahasia bagaimana cara mempercepat pembungaan bougenville tanpa pemupukan dan penambahan unsur hara.

  1. Tempatkan Bougenville pada ruangan terbuka. Karena bunga bougenville merupakan tanaman tropis yang menyukai sinar matahari penuh untuk merangsang keluarnya bunga.

    Penempatan Bougenville di Ruang Terbuka

  2. Lakukan Pemangkasan Pucuk sehingga perkembangan vegetatif tanaman bunga bougenville ditekan sehingga perbandingan karbon dan nitrogen dalam tanaman bisa merangsang keluarnya bunga. Biasanya disela-sela cabang yang kita potong akan keluar bunga.

    Pemangkasan Pucuk Tanaman Bougenville

  3. Lakukan Stress Air. Artinya jangan melakukan penyiraman yang terlalu banyak, cukup basah. Karena kalau air banyak otomatis akan merangsang pertumbuhan tunas muda baru. Jadi dengan penyetresan ini diharapkan kadar karbon lebih meningkat dibandingkan nitrogen sehingga menghasilkan bunga yang banyak.

    Stress Air Untuk Merangsang Bunga

Itulah sedikit tips dari kami bagaimana cara merangsang pembungaan pada bunga bougenville khusus pecinta tanaman hias. Tips ini sangat simpel dan sederhana karena tidak membutuhkan pupuk atau unsur hara tambahan. Semoga berguna dan mudah untuk dipraktekkan.