Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pada postingan kali ini kita akan membahas seputar tanaman hias jenis Anthurium Andreanum. Tanaman hias ini berasal dari Amerika latin tepatnya di Ekuador akan tetapi di Indonesia bisa dibudidayakan dengan baik karena mempunyai iklim tropis seperti habitat asalnya. Nah, bagaimana tips dan cara perawatan Anthurium Andreanum ini? Langsung saja yuk kita ulas disini..

Tanaman Anthurium merupakan tanaman lama atau tidak asing lagi bagi para pecinta tanaman hias. Sebagai contoh, disini saya mempunyai dua pot. Bisa kita lihat, untuk pot kecil sudah keluar bunga cuman masih agak kuncup. Untuk yang pot besar dia sudah ada dua bunga dan warnanya merah cerah.

bunga Anthurium Andreanum

bunga Anthurium Andreanum

Tanaman Anthurium Andreanum ini sangat cantik sekali bunganya. Selain itu dia juga tidak mudah layu sehingga bunganya relatif awet. Untuk tanaman Anthurium Andreanum mini ini dia sangat menyukai media tanam yang poros. Jadi saat dilakukan penyiraman air nya tidak menggenang terlalu lama di dalam pot.

Media Poros untuk Anthurium

Media Poros untuk Anthurium

Untuk penempatan, tanaman Anthurium Andreanum ini bisa ditempatkan di outdoor maupun indoor. Kalau di indoor dia nanti keluar bunganya relatif lama, karena asupan cahaya mataharinya kurang. Akan tetapi, kalau misalkan tanaman ini full seharian terkena sinar matahari juga tidak terlalu bagus karena daunnya bisa menguning. Jadi tempat yang paling tepat untuk tanaman ini adalah di tempat yang teduh akan tetapi dia masih mendapatkan asupan matahari terutama sinar matahari pagi.

Contohnya seperti ini, dia saya taruh di teras rumah yang terkena sinar matahari pagi. Sehingga dari daunnya kelihatan segar dan bunganya pun berwarna merah merona.

Anthurium Andreanum Sehat

Anthurium Andreanum Sehat

Untuk daun yang sudah tua dan rusak seperti ini bisa kita buang saja, agar dia fokus untuk menumbuhkan bunga ataupun daun baru.

Daun Anthurium Rusak kita Pruning Saja

Daun Anthurium Rusak kita Pruning Saja

Baik, dari beberapa ulasan diatas bisa kita list cara perawatan Anthurium Andreanum sebagai berikut :

  1. Pastikan media tanam benar-benar poros.
  2. Tanaman harus cukup diberi asupan air. Jadi pastikan jangan sampai kekeringan media tanamnya.
  3. Agar Anthurium Andreanum ini sering berbunga, dia juga harus mendapatkan asupan sinar matahari pagi.
  4. Selain itu juga diperlukan pemupukan secara berkala. Bisa menggunakan ppuk kompos, pupuk organik atau pupuk cair.

Nah, itulah beberapa tips dan cara bagaimana merawat tanaman khas iklim tropis ini yaitu Anthurium Andreanum, semoga bisa dipraktekkan dan salam semangat hayati.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hias untuk Pemula