Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabar hari ini sahabat? Tetap semangat ya, karena awal bulan November ini sudah mulai masuk musim penghujan dan tentunya tanamaan membutukan perawatan ekstra agar terhindar dari berbagai penyakit seperti jamur dan busuk akar.

Berbagai Jenis Aglaonema

Berbagai Jenis Aglaonema

Di musim pancaroba ini banyak sekali penghobi aglaonema mengeluh munculnya jamur pada tanaman mereka. Rata-rata bingung bagaimana cara mengatasinya khususnya untuk perawatan harian. Apakah masih perlu disiram setiap hari atau tidak. Nah, dipostingan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai cara merawat tanaman aglaonema di musim pancaroba / musim penghujan sebagai antisipasi dari berbagai penyakit yang sering muncul.

Perawatan Aglaonema di Musim Penghujan

  1. Di alam bebas, Aglaonema ini juga sering terkena air hujan. Jadi secara alamiah, air hujan ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk tanaman Aglaonema. Karena air hujan tersebut sangatlah berpengaruh dalam pertumbuhan aglaonema, karena dia akan mengangkut semua unsur hara di media ketika disiram air hujan. Jadi tidak usah khawatir ya sobat, Insya Allah tanaman aglaonema kita akan tumbuh dengan subur tanpa mengurangi apapun. Namun, kita harus menambahkan nutrisi atau pelindung dari si aglaonema tersebut.
  2. Seperti layaknya manusia, Aglaonema ini membutuhkan nutrisi tambahan, vitamin dan sebagainya. Nah, berikut adalah fungsi vitamin yang wajib dipunyai oleh setiap penghobi agalonema. Yaitu vitamin B1 tanaman.
    Vitamin B1 Tanaman

    Vitamin B1 Tanaman

    Penghobi tanaman hias khususnya aglaonema butuh vitamin B1 ini. Untuk harganya pun juga terjangkau dikisaran Rp.30 rb-35 rb per botolnya. Untuk fungsinya yaitu : bisa mengurangi stress tanaman, merangsang pertumbuhan daun, melindungi kutikula dan mempercepat tanaman beranak pinak.

    Cara penggunaanya juga mudah, yaitu cukup disemprotkan setiap hari pada aglaonema baik di musim pengujan maupun kemarau. Penyemprotan yang paling bagus pada pagi hari ketika matahari sedang bersinar yaitu jam 7 – 10. Penyemprotan dilakukan cukup pada daunnya saja tidak usah sampai media tanamanya.

Cara Pengaplikasian Vitamin B1 ke Aglaonema

  1. Campurkan vitamin B1 dengan takaran 1 tutup botol kecil untuk 2 liter air.

    Takaran Vit B1 Tanaman

    Takaran Vit B1 Tanaman

  2. Kocok campuran tersebut hingga merata dan tutup spray dan siap untuk disemprotkan. Oiya, sebetulnya penyemprotan vitamin B1 ini tidak khusus untuk tanaman Aglaonema, karena semua tanaman sejatinya butuh vitamin B1 ini.

    Campurkan Vit B1 ke Dalam Air

    Campurkan Vit B1 ke Dalam Air

  3. Kita semprotkan ke daun nya saja secara merata. Cukup basahi saja tidak sampai menyiram nya. Karena tanaman aglaonema tersebut membutuhkan kelembapannya saja.

    Penyemprotan Vit B1

    Penyemprotan Vit B1

Cukup mudah bukan cara merawat tanaman Aglaonema di musim penghujan ini ? Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung di blog tanamanbuah.com ini untuk sharing informasi menarik lainnya. Terimakasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Aglaonema