Berkebun nampaknya bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyehatkan fisik dan mental kita. Setelah capek bekerja seharian, terkadang rasa capek tersebut akan hilang disaat kita lihat hijau dedaunan di kebun kita. Salah satu kegiatan rutin yang biasa kita lakukan agar tanaman kita tetap eksis adalah menyiram tanaman. Nah, untuk yang satu ini ada banyak perdebatan mengenai waktu yang tepat untuk menyiram tanaman kita. Ada yang berpendapat sebaiknya tanaman kita disiram pagi hari, dan ada juga yang bilang kalau disiram sore hari lebih baik. Untuk itu kita rangkumkan dari beberapa sumber waktu terbaik untuk menyiram tanaman buah.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Tomat

Waktu Terbarik Menyiram Tabulampot

Fungsi Air Pada Tanaman

Air dibutuhkan tanaman untuk membuat nutrisi dari tanah ke sel-sel tubuhnya. Nah, selain itu air juga dibutuhkan untuk membuat suhu tanaman tetap sejuk dan untuk menghentikan air yang keluar dari stomata. Apabila tanaman kekurangan air dalam waktu yang terlalu lama, tanaman akan layu. Layunya tanaman tersebut merupakan pertanda kerusakan sel-sel tanaman. Nah, kerusakan tersebut bisa kita perbaiki kembali bila kita segera menyiram tanaman kita.

Waktu Terbaik Untuk Menyiram Tanaman

Kalau memungkinkan, sebaiknya siram tanaman di pagi hari sesuai dengan siklus pertumbuhan alami tanaman, maka pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan penyiraman. Nah, tanaman siap untuk mengkonsumsi air di pagi hari ketika matahari terbit namun belum terlalu tinggi. Tanaman sebaiknya disiram sebelum sinar matahari terasa begitu panas. Tanaman yang terhidrasi akan lebih bisa bertahan dalam menghadapi panas yang ekstrim. Kalau anda nyiramnya menunggu siang atau terik matahari, maka air bisa membakar tanaman. Air yang panas karena terkena sinar matahari akan terlalu panas bagi batang dan daun yang rapuh. Serta akan menimbulkan kerusakan pada tanaman buah tersebut. Memang benar bahwa saat udara panas, tanaman membutuhkan lebih banyak air tetapi sebaiknya jangan disiram saat siang hari ketika matahari tengah terbit terang benderang. Menyiram tanaman dibawah terik matahari akan membuat air menguap sebelum menyerap masuk ke dalam tanah. Jadinya tumbuhan dan tanaman buah kamu akan kekurangan nutrisi.

Menyiram tanaman saat siang hari membuat tanaman cepat mati. Pasalnya saat siang hari tanaman sedang mengalami tahap fotosintesis. Jadi kalau tiba-tiba disiram dengan air bisa menyebabkan kondisi kaget pada tanaman kamu. Coba untuk menyiram tanaman kamu sebelum jam 10 pagi untuk memastikan air bisa terserap ke dalam tanah dan sedikit mengering sebelum sinar matahari terlalu panas. Nah, kalau di pagi hari tidak sempat menyiram karena sibuk kerja atau halangan lain, bisa menyiram di sore hari waktu matahari tidak begitu panas. Jadi tanaman kamu tidak akan terbakar dan air masih bisa diserap sebelum malam datang.

Selain itu hindari menyiram tanaman pada malam hari. Pasalnya air tidak akan menguap serta akan diam di daun dan batang tanaman. Dan tanpa bantuan matahari, tanahnya akan penuh dengan air dan tidak akan terserap dengan baik. Pastinya hal ini akan merugikan tanaman kamu karena akan memicu pertumbuhan jamur di sekitar akar, batang dan daun. Menyiram di malam hari akan memberikan sedikit waktu untuk tanaman menyerap air dan mengeringkannya.

Selain waktu yang tepat, ada beberapa hal penting yang perlu dicatat ketika melakukan penyiraman.

  1. Menyiram dengan frekuensi yang tepat
    Cara untuk mengetahui frekuansi penyiraman yang tepat adalah dengan melakukan riset tentang jumlah air yang dibutuhkan tanaman kamu supaya tetap sehat. Cara lainnya adalah dengan memasukkan jari kamu beberapa cm dalam tanah. Seperti gambar berikut:

    Cara Tes Manual Kadar Air Tanaman Menggunakan Jari

    Jika terasa kering, mungkin tanaman tersebut perlu disiram. Jika basah tepat dibawah permukaanya maka kamu tidak perlu menyiram lagi.

  2. Siram air di dekat akarnya dan bukan di atas daun
    Akar menyerap air yang dibutuhkan tanaman. Air yang menyentuh daun hanya akan jatuh dan menguap. Ketika sedang menyiram, arahkan air ke bagian bawah tanaman dekat akarnya untuk memastikan tanaman mendapatkan air yang cukup. Nah penyiraman bagian atas daun akan merugikan kesehatan tanaman kamu. Air yang diam di daun akan memicu pertumbuhan jamur dan menyebabkan tanaman terlalu panas.
  3. Siram secara memanjang dan mendalam
    Siram tanaman secara mendalam agar tanah benar-benar basah dan air bisa mencapai ujung akar untuk mendorong pertumbuhan akar ke bawah. Oleh karena itu penyiraman tidak perlu sering dilakukan namun harus dilakukan secara mendalam.

Sudah tau kan bagaimana cara menyiram tanaman dengan baik agar terhindar dari hal-hal yang bisa merusak tanaman. Semoga informasi ini berguna dan bisa diterapkan pada tabulampot kalian di rumah atau pekarangan.