Assalamualaikum Wr. Wb. Halo sobat pecinta tanaman hias khususnya bonsai dan ragam jenis lainnya, pada kesempatan kali ini kita akan menunjukkan cara mudah semai biji kawista batu atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Feronia Lucida dan pada akhir postingan ini akan ditunjukkan hasilnya.

Biji Kawista Batu

Biji Kawista Batu

Perlu diketahui bahwa pohon kawista sudah jarang dan bisa dikatakan jenis pohon langka yang jarang ditemui di alam liar. Ada dua jenis pohon kawista yang dikenal secara umum yaitu kawista buah dan kawista batu atau kerikil. Perbedaan pada kedua jenis kawista tersebut yaitu untuk kawista buah pertumbuhannya lebih cepat, memiliki daun dan buah dengan ukuran lebih besar. Sedangkan untuk kawista batu pertumbuhannya cenderung lebih lambat, memiliki daun dan buah dengan ukuran lebih kecil sehingga ini menjadi salah satu alasan mengapa kawista batu sering dijadikan sebagai bahan bonsai ataupun bonsai. Dan alasan berikutnya yaitu tahan terhadap cuaca kering. Bagaimanakan proses dan hasilnya ? Oke Mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Langkah Penyemaian Kawista Batu

  1. Sebagai langkah pertama yaitu kita siapkan wadah atau loyang dengan besar dan lebar disesuaikan. Untuk media semai di sini menggunakan campuran antara sekam bakar dan pasir bangunan. Dengan perbandingan 2 banding 1 yang dispray dengan air supaya agar lembab. Dan tentunya bahan utamanya yaitu biji kawista batu yang sudah dipisahkan dari daging buahnya dan dalam keadaan kering.

    Media Semai Biji Kawista Batu

    Media Semai Biji Kawista Batu

  2. Setelah media semai tersebut siap dengan ketebalan kurang lebih 2 hingga 3 cm, langkah selanjutnya yaitu tinggal kita tebarkan biji kawista tersebut di atasnya secara merata.

    Penebaran Biji Kawista Batu

    Penebaran Biji Kawista Batu

  3. Setelah itu kita timbun kembali dengan media yang sama pada bagian atasnya tipis-tipis saja.

    Penimbunan Media diatas Benih

    Penimbunan Media diatas Benih

  4. Untuk bagian paling atas kita tutup kembali dengan pasir bangunan. Menaburkannya cukup tipis-tipis saja sehingga semua permukaan nya tertutup sempurna. Dan untuk pasir bangunan yang kita gunakan sebaiknya dicuci terlebih dahulu kemudian kita jemur hingga kering.

    Tabur Pasir Bangunan diatas Media

    Tabur Pasir Bangunan diatas Media

  5. Untuk langkah berikutnya yaitu kita sprei menggunakan air bersih pada bagian permukaannya secara merata.

    Semprot dengan Air

    Semprot dengan Air

  6. Untuk mempercepat proses pertumbuhan dan untuk menjaga kelembaban tetap stabil kita sungkup menggunakan plastik dan usahakan plastik yang kita gunakan berwarna hitam ataupun warna-warna gelap.

    Sungkup dengan Plastik Hitam

    Sungkup dengan Plastik Hitam

Untuk perawatan pasca semai yaitu tempatkan pada tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang lancar dan aman. Sprei setiap 2 hari sekali untuk menjaga kelembabannya dengan cara membuka plastik tersebut dan tutup kembali setelahnya. Dan setelah biji-biji tersebut mulai tumbuh plastik bisa kita buka untuk seterusnya.

Benih Biji Kawista Batu Setelah 2 Minggu

Benih Biji Kawista Batu Setelah 2 Minggu

 

Benih BIji Kawista Setelah 3 Minggu

Benih BIji Kawista Setelah 3 Minggu

Untuk perawatan lanjutan pada usia tersebut yaitu mulailah perkenalkan pada sinar matahari secara bertahap. Dan setelah dua hingga tiga bulan pasca semai bisa kita lakukan repotting atau pemindahan wadah.

Oke cukup sekian postingan kali ini mengenai cara mudah semai / tanam biji kawista batu. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari bahan untuk bonsai, jangan jadikan keterbatasan untuk tidak bergerak.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Melon