Sudahkah anda menanam hari ini ? ingat menanamnya secara organik. Baik, pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara memberantas hama pada sayuran dan tanaman cabe secara organik. Dalam berkebun secara organik tidak ada cara lain mengatasi hama selain dengan cara manual, yaitu caranya bisa kita bersihkan dengan tangan ataupun dengan melakukan penyemprotan air biasa tetapi dengan tekanan yang kuat.

Cara Mengatasi Hama Tanaman Cabe dengan Penyemprotan.

hama tanaman cabe

Hama dan Semut pada tanaman Cabe

Pada gambar diatas, tepatnya di pucuk daun dan dibunganya ada kutu-kutu yang sedang dirawat oleh semut. Jadi hama sebenarnya bukan semut tapi kutu, namun saking banyaknya, maka semut juga turut mengganggu tanaman. Anda bisa menggunakan semprot air dengan spray yang bisa disesuaikan tekanannya. Agar tanaman tidak tumbang, maka sewaktu penyemrotan kita bisa pegang batang nya dan secara tepat kita semprotkan pada hama tadi.

baca juga : Cara Semai Cabai Yang Benar

Biasanya sesudah disemprot, tanaman cabe akan miring, tetapi hal itu biasa karena nanti setelah kering juga akan tegak kembali. Memang harus telaten dan di cek secara rutin setiap hari sehingga nanti tanaman bisa tumbuh dengan subur dan sehat.

Perlu diingat, meskipun dengan cara penyemprotan bisa efektif menghilangkan hama dan semut, namun biasanya akan kembali. Semut yang jatuh akan naik kembali ke batang cabe dan sayuran. Untuk itu harus secara rutin disemprot, capek ? iya mau bagaimana lagi, kita kan berkebun secara organik. Konteks disini kita berkebun secara organik di pekarangan rumah. Anggap saja kita beraktifitas atau olahraga dengan berkebun secara organik ini.

cabe yang disemprot

Cabe yang sudah disemprot dengan tekanan tinggi

Hama yang terpental dan dikumpulkan lagi oleh semut biasanya akan naik lagi keesokan harinya tetapi tidak sebanyak yang pertama. Nah, kalau lebih efektif nya, kita bisa memanfaatkan daun mimba atau alternatif daun lainnya untuk membuat pestisida organik yang bisa diaplikasikan ke sayuran dan cabe. Kita juga bisa menggunakan tembakau atau puntung rokok yang nantinya kita ekstrak untuk membuat pesitsida organik itu.

Cara Membuat Pestisida Alami dari Puntung Rokok

pestisida organik

Pestisida Organik Menggunakan Tembakau

Kita bisa menyemprotkan pestisida alami untuk mencegah hama datang menggunakan puntung rokok. Tembakau atau puntung rokok bisa menghalau dan membunuh hama tanaman. Caranya sebagai berikut:

  • Kita siapkan saja satu puntung rokok
  • Hancurkan puntung rokok dan masukkan kedalam botol aqua gelas / plastik cup
  • Tuangkan air panas kedalam wadah tadi. Kenapa air panas ? supaya mudah larut hingga warnanya mengunging kecoklatan.
  • Aduk hingga keluar aroma khas tembakau. Memang tembakau ini racun tetapi racun alami sehingga nanti ketika kita aplikasikan di tanaman, racunnya bisa terurai. Berbeda dengan pestisida kimia yang mana racunnya tidak terurai / residunya mengendap ke tanaman sehingga berpotensi untuk masuk ke hasil panen yang kita peroleh.
  • Setelah dua menit diaduk, kita saring menggunakan kain kasa / kaos yang tidak terpakai agar nanti kotoran tidak masuk ke spray.
  • Masukkan ke spray / alat semprot air tembakau yang sudah disaring tadi.
  • Kita bisa tambahkan air sumur jika terasa terlalu pekat.
  • Pestisida alami siap untuk disemprotkan.

Baik, langsung kita aplikasikan ke tanaman. Semprot secara merata dari mulai batang bawah sampai daun karena hama biasanya bersarang di bawah daun. Untuk penyemprotannya kita bisa lakukan tiga hari sekali. Karena ini adalah pestisida alami, maka pengaruhnya tidak secepat pestisida kimia yang dibeli di toko.

Demikian tadi adalah perawatan rutin yang bisa kita lakukan di pekarangan rumah untuk merawat berbagai tanaman sayuran seperti cabe, tomat, terong dsb. menggunakan cara penyemprotan tekanan kuat dan puntung rokok atau tembakau sebagai pestisida alami. Samoga bermanfaat dan tetap semangat dalam bercocok tanam.