Assalamualaikum Wr. Wb. Halo sobat dan sahabat pecinta bonsai, adenium dan tanaman buah lainnya, masih di www.tanamanbuah.com sebuah blog seputar seni bonsai, perawatan adenium dan beragam tanaman buah lainnya. Mungkin sebagian dari anda pernah memiliki bonggol Adenium yang stagnan yaitu bonggol Adenium yang tak kunjung tumbuh tunas ataupun daun baru sehingga pertumbuhannya terhenti alias tidak bisa berkembang seperti Adenium pada umumnya.

Bonggol Adenium Sulit Berkembang

Bonggol Adenium Sulit Berkembang

Maka pada postingan kali ini kita akan menunjukkan bagaimana cara mengatasi batang atau bonggol Adenium dengan kondisi tersebut. Apakah penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Hal apa sajakah yang perlu diperhatikan? Yuk mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Batang atau bonggol Adenium yang stagnan sehingga pertumbuhannya terhenti bisa terjadi akibat beberapa sebab antara lain : Pemotongan untuk tujuan tertentu pada batang ataupun bonggol terlalu pendek tanpa menyisakan mata tunas, Gagal grafting atau terjadinya pembusukan sehingga harus dilakukan pemotongan terlalu pendek dan beberapa sebab lainnya.

Karena tanpa adanya mata tunas maka bonggol Adenium tersebut tidak bisa tumbuh dengan semestinya. Sehingga untuk membuatnya tumbuh normal kembali perlu kita bantu. Adapun cara untuk membuatnya bisa tumbuh normal kembali pada umumnya bisa dengan cara di Grafting atau disambung. Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dan diperhatikan.

Langkah-langkah Untuk Grafting Adenium

  1. Sebagai langkah pertama siapkan bonggol Adenium dengan kondisi tersebut dan iris selama beberapa kali menggunakan pisau yang tajam dan bersih. Untuk jumlah irisan sebaiknya disesuaikan dengan panjang batang ataupun bonggol yang tersisa dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan. Atau jika batang atau bonggol yang tersisa terlalu pendek untuk mengurangi getahnya bisa kita menggunakan tisu ataupun lap bersih.

    Iris Batang Adenium

    Iris Batang Adenium

  2. Perlu perhatikan bahwa bonggol adenium tersebut harus dalam keadaan sehat yaitu dengan ciri-ciri: keras tidak lembek, mengeluarkan getah yang cukup banyak apabila dipotong dan pastikan memiliki akar serabut yang cukup banyak. Karena minimnya akar bisa menjadi masalah tersendiri setelah sambungan tersebut menyatu.
  3. Untuk mempercepat proses pertumbuhan dan proses penyatuan sehingga persentase keberhasilannya lebih tinggi, sebagai calon batang atasnya usahakan yang sudah mengeluarkan mata tunas. Letakkan sekali tempel dan ikat tidak terlalu kencang ataupun tidak terlalu longgar cukup menahan nya agar tidak bergeser dari posisi semula.

    Penempelan Batang Atas Adenium

    Penempelan Batang Atas Adenium

  4. Untuk menjaga kelembabannya tetap stabil sekaligus untuk menghindari air mengenai sambungan baik air hujan ataupun air saat kita melakukan penyiraman, maka perlu kita sungkup menggunakan plastik.

    Ikat Batang Atas dan Sungkup dengan Plastik PE

    Ikat Batang Atas dan Sungkup dengan Plastik PE

  5. Sedangkan untuk teknik grafting yang digunakan, cara mengikat dan sungkup adalah bersifat opsional artinya anda bisa menggunakan cara yang menurut anda lebih mudah digunakan tergantung kebiasaan masing-masing.

Perawatan Pasca Grafting Adenium

Untuk perawatan pasca grafting yaitu jika cuaca sedang cerah maka bisa kita jemur di bawah sinar matahari secara langsung agar getah dan luka yang terjadi segera mengering dan apabila sebaliknya maka sebaiknya kita tentukan dahulu. Dan untuk penyiraman pertama kali bisa dilakukan tiga hingga empat hari setelah grafting dan untuk penyiraman berikutnya bisa dilakukan setiap dua hingga tiga hari sekali.

setelah tiga minggu…

Kondisi Setelah 3 Minggu

Kondisi Setelah 3 Minggu

Setelah beberapa minggu dan sambungan benar-benar menyatu ditandai dengan tunas baru mulai muncul, maka adenium tersebut bisa tumbuh normal kembali. Namun seperti disebutkan diawal tadi, minimnya akar serabut bisa menjadi masalah tersendiri pada bonggol stagnan tersebut setelah sambungan menyatu, yaitu bonggol tersebut akan kempes dan keriput. Apakah penyebab dan bagaimana cara mengatasinya ? Kita akan ulas di postingan selanjutnya.

Baik, cukup sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi. Ingat, jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Mengatasi Belang Pada Bonggol Adenium