Assalamualaikum Wr. Wb. Apa kabar sahabat semua khususnya penggemar buah jambu air? Bagaimana kondisi tanaman jambu air anda? Apakah mulai muncul tanda-tanda lembek, jamuran serta warnanya menghitam?

Saya rasa sudah banyak yang tahu bagaimana cara menghasilkan jambu air yang besar, manis dan tidak kena ulat. Tapi untuk penyakit yang satu ini mungkin belum semua mengerti bagaimana cara mengatasinya. Kami sendiri juga belum banyak yang tahu penyebabnya, tapi dari beberapa referensi yang tanamanbuah.com dapatkan penyakit ini disebabkan oleh jamur hitam.

Jambu Air Menghitam

Jambu Air Menghitam

Penyakit ini bisa menyerang jambu dengan jenis varian apapun meskipun sudah di bungkus sejak dini. Baik dibungkus dengan plastik, kertas ataupun fruit cover yang harganya mahal itu. Penyakit ini mudah untuk dikenali ciri-ciri gejalanya. Tapi ditinjau dari serangan awalnya, benih jamur ini masih agak “ghaib” karena tidak kasat mata. Mungkin perlu kaca pembesar / mikroskop agar bisa dibedakan mana yang debu dan mana yang bibit jamur. Sebab ukurannya sangat kecil dan kalau dibawa angin tak terlihat dengan jelas.

Penyakit Jamur Hitam pada Jambu Air

Penyakit Jamur Hitam pada Jambu Air

Penyakit ini kalau sudah membusukkan sedikit saja jambu air, maka hampir mustahil bisa total dalam penyembuhannya. Oleh karena itu, maka langkah yang tepat adalah dengan memetiknya dan melakukan pencegahan pada jambu yang belum busuk.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Terus terang kami juga masih dalam tahap percobaan dan pengamatan. Sehingga hanya dapat mengambil kesimpulan sementara. Tips yang dibagikan ini bukan cara yang final atau jurus pamungkas, karena mungkin anda punya cara tersendiri yang lebih bagus untuk mengatasinya. Dan berikut cara mengatasi jambu yang terkena jamur hitam.

  1. Cara pertama adalah pencegahan dengan cara melakukan penyemprotan fungisida atau mencelup bakal buah yang akan dibungkus. Untuk merek fungisida sendiri silakan pilih sesuai yang anda anggap bagus. Satu atau dua jam kemudian, kalau sudah kering kita bisa membungkus bakal buahnya.

    Proses Pencelupan Fungisida

    Proses Pencelupan Fungisida

  2. Jika sudah terlanjur terbungkus, buah sudah agak besar dan terlanjur jamuran, maka kita akan melakukan tindakan pengobatan dengan membuka bungkus, mengambil buah yang mulai busuk dan menyemprot buah yang diperkirakan masih bisa diselamatkan.

    Penyemprotan Fungisida pada Jamur

    Penyemprotan Fungisida pada Jamur

Pengobatan ini sangat repot, oleh karnanya para pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati, sedia payung sebelum hujan dan sedia semprot sebelum jamuran.

Oke itu saja pengalaman yang bisa dibagikan semoga produksi jambu anda semakin bagus kualitas dan kuantitasnya. Pemiliknya juga sehat selalu, pekerjaan lancar, banyak rizki, bersyukur dan bahagia.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Jambu Air Lilin Merah