Assalamualaikum Wr. Wb. Apakabar para pacinta tanaman anggur, apakah tanaman anggur anda mulai jamuran ? Pada postingan kali ini akan dibagikan pengalaman bagaimana cara mengatasi jamur pada daun anggur. Cara mengatasinya hampir mirip dengan penganganan pada daun buah tin, yaitu dengan menggunakan fungisida.

Daun Anggur Terserang Jamur

Daun Anggur Terserang Jamur

Merek fungisida bisa apa saja sesuai dengan keyakinan anda yang anda yakini manjur. Tapi kali ini saya memakai merek fungisida Amistartop (bukan niat promosi). Mungkin fungisida ini sudah familiar dikalangan para pecinta tanaman anggur.

Fungisida Amistartop

Fungisida Amistartop

Cara aplikasinya juga sangat mudah, bisa menggunakan srayer besar, sedang atau yang kecil sesuai dengan kebutuhan. Untuk dosis sudah tertera pada kemasan (bisa dikira-kirakan sendiri).

Cara Aplikasi :

  1. Tuangkan fungisida Amistartop sesuai dosis ke sprayer.

    Tuangkan Amistartop Sesuai Dosis ke Sprayer

    Tuangkan Amistartop Sesuai Dosis ke Sprayer

  2. Campur dengan air sesuai dosis, dan kocok hingga larutan tercampur merata.
  3. Kita semprotkan pada daun anggur.

Perlu diketahui bahwa penyemprotan fungisida pada daun anggur diprioritaskan pada daun sisi bagian bawah. Sebab jamur jenis ini menyerangnya di bagian bawah daun.

Daun yang mulai sembuh, biasanya berwarna kecoklatan seperti ini :

Contoh Daun Yang Sudah Mulai Sembuh

Contoh Daun Yang Sudah Mulai Sembuh

Bisa kita lihat bercak coklat tersebut adalah bekas termakan oleh jamur. Daun tersebut tidak bisa pulih seperti baru, karena bekas lukanya itu tidak bisa hilang. Sehingga kalau bisa kita cegah itu lebih bagus daripada harus mengobati.

Daun anggur yang terserang jamur ini tidak bisa pulih 100 persen. Paling maksimal adalah 70an persen. Jamru daun ini menyerang pada waktu musim penghujan. Dan seperti yang sudah diulas tadi bahwa jamur tesebut menyerangnya di sisi bawah daun bukan di bagian atasnya.

Untuk pencegahan, bisa dilakukan penyemprotan menggunakan fungisida Amistartop ini setiap sepuluh hari sekali. Sedangkan untuk pengobatan dilakukan minimal lima hari sekali atau bisa juga seminggu.

Daun Anggur yang Sehat

Daun Anggur yang Sehat

Demikian tips cara mengobati dan pencegahan dari jamur daun yang menyerang tanaman anggur dengan menggunakan fungisida Amistartop.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Grafting Anggur