Assalamu’alaikum Wr. Wb. Terimakasih telah berkunjung di blog tanamanbuah.com ini, sebuah blog yang didedikasikan untuk mengulas berbagai hal mengenai tanaman hias, bonsai dan tabulampot.

Setelah di postingan sebelumnya mengulas tentang cara mengatasi bonggol Adenium yang pertumbuhannya stagnan atau macet karena tanpa adanya mata tunas akibat terlalu pendek dalam memotong yang disebabkan oleh beberapa faktor dengan cara disambung atau di grafting yang hasilnya juga sudah ditunjukkan. Dan dalam postingan tersebut juga menyinggung syarat untuk bonggol tersebut yaitu harus sehat dan memiliki akar serabut yang banyak.

Karena minimnya akar serabut pada bonggol Adenium dengan kondisi tersebut, akan menjadi kendala atau masalah baru setelah sambungan benar-benar menyatu. Yaitu akan mengalami kempes, gembos maupun keriput. Maka pada postingan kali ini, kita akan menunjukkan cara mengatasinya. Apakah penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Bonggol Adenium Tanpa Mata Tunas

Bonggol Adenium Tanpa Mata Tunas

Sedikit mengulas tentang bonggol atau batang Adenium tanpa mata tunas yang pertumbuhannya stagnan atau macet, maka agar pertumbuhannya kembali normal perlu kita bantu yaitu dengan cara disambung atau di grafting.

Namun setelah sambungan menyatu, masalah lain justru muncul yaitu bonggol tersebut akan mengalami gembos, kempes ataupun keriput karena minimnya akar serabut. Dan berikut ini adalah penjelasan dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Bonggol Gembos, Kempes dan Keriput

Untuk bonggol Adenium dengan kondisi stagnan yang mengalami gembos, kempes ataupun keriput pasca dilakukan grafting akibat minimnya akar serabut disebabkan karena memerlukan nutrisi yang cukup banyak untuk proses penyembuhan luka setelah pemotongan proses penyatuan sambungan dan satu lagi yaitu untuk pertumbuhan tunas baru pada batang atas. Sehingga untuk menutupi kekurangan asupan semua nutrisi dan air yang dibutuhkan pada proses-proses tersebut, maka Adenium akan menggunakan semua cadangan makanan dan air yang tersimpan pada bonggol dan batang. Dikarenakan minimnya akar serabut tersebut yang seharusnya mampu bekerja dan mensuplai semua kebutuhan.

Bonggol Adenium Gembos

Bonggol Adenium Gembos

Akibatnya yaitu bonggol akan mengalami gembos, kempes ataupun keriput. Semakin cepat dan banyak pertumbuhan daun baru pada entres atas maka semakin banyak pula air yang menguap. Sehingga untuk bonggol dengan ukuran kecil akan langsung jelas terlihat efeknya setelah sambungannya menyatu. Berbeda dengan bonggol-bonggol dengan ukuran yang besar karena cadangan makanan dan air cukup banyak. Sehingga masih mampu menutupi semua kebutuhannya.

Yang perlu diwaspadai yaitu gembos, kempes atau keriputnya bonggol Adenium selain pada bonggol Adenium yang stagnan pasca grafting. Karena tidak semua bonggol Adenium dengan kondisi tersebut semata-mata terkuras habis cadangan makanan dan airnya melainkan bisa disebabkan oleh faktor-faktor lainnya yaitu hama penyakit ataupun kurang air dan sebagainya.

Sedangkan untuk mengatasi bonggol Adenium dengan kondisi seperti ini yaitu dengan cara kita pruning. Baik itu pruning daun ataupun cabang yang pertumbuhannya kurang dominan atau tidak kita inginkan.

Manfaat dan Tujuan Pruning

Tujuan pruning ini yaitu untuk menghambat laju pertumbuhan dan mengurangi penguapan yang berlebih melalui daun-daun tersebut. Sehingga nutrisi dan air yang terserap bisa difokuskan kembali pada penyembuhan luka yang belum sempurna dan selebihnya bisa disimpan kembali pada bonggol Adenium tersebut.

Pruning Adenium

Pruning Adenium

Jika dalam beberapa hari atau dalam beberapa minggu setelah kita melakukan pruning, bonggol adenium tersebut juga belum pulih, maka bisa kita lakukan pruning kembali pada daun-daun baru setiap kali muncul dan setelah melakukan itu semua maka bonggol Adenium tersebut akan kembali pada kondisi semula untuk melanjutkan kembali pertumbuhannya.

Hasil Setelah Pruning

Hasil Setelah Pruning

Perlu diingatkan bahwa pruning daun pada adenium selain untuk tujuan ini bisa juga digunakan untuk memperbanyak cabang, menyamakan cabang, memperbesar bonggol dan batang Adenium sekaligus bisa untuk mengurangi hama dan penyakit.

Oke, cukup sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan. Jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Mengatasi Belang Adenium