Dalam upaya mengendalikan organisme pengganggu tanaman baik berupa hama maupun penyakit maka kita menggunakan suatu zat yang disebut dengan pestisida, baik pestisida itu berbahan kimia maupun berbahan organik. Tetapi masalah yang paling fatal dalam penyemprotan pestisida disini adalah berkurangnya atau bahkan hilangnya zat dari pestisida tersebut akibat tercuci oleh hujan. Maka di dalam postingan ini, tanamanbuah.com bakal berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara memprediksi waktu yang tepat dalam menggunakan atau mengaplikasikan pestisida.

Permasalahan yang sering ditanyakan oleh para petani adalah seputar penyemprotan pestisida ketika musim penghujan dan bagaimana kalau beberapa jam setelah kita menyemprot tiba-tiba hujan. Hal yang mungkin bisa terjadi adalah konsentrasi dari pestisida tersebut akan berkurang akibat tercuci dari air hujan itu sendiri. Bisa diibaratkan 2 sendok gula kalau kita tambahin air satu gelas maka masih enak untuk diminum. Tetapi bagaimana jadinya kalau 2 sendok gula tersebut kita kasih apa air satu teko, pasti rasanya benar-benar hambar.

Penyemprotan Pestisida

Penyemprotan Pestisida

Nah begitu juga apa yang terjadi dengan pengaplikasian pestisida maupun pupuk daun yang tercuci oleh air hujan. Untuk itu, supaya bisa menentukan waktu yang paling tepat dalam pengaplikasian pestisida maupun pupuk daun, maka ikuti langkah-langkah berikut.

Anda bisa menggunakan aplikasi AccuWeather di Ponsel Android. Aplikasi ini sebenarnya sudah lama exist sebelum kemunculan HP Android jaman sekarang. Bahkan di jaman HP BlackBerry-pun sudah tersedia aplikasi ini. Aplikasi ini sangat berguna dalam membantu dan memprediksi kapan kira-kira waktu yang paling tepat dalam melakukan penyemprotan pestisida atau pupuk daun karena bisa memprediksi cuaca hari ini bahkan 7 hari kedepan.

Aplikasi AccuWeather

Aplikasi AccuWeather

Anda bisa langsung menginstallnya dengan cara yang sangat mudah

  1. Ambil HP Android dan cari aplikasi AccuWeather di Playstore.
  2. Klik Install Aplikasi dan tunggu sampa selesai proses instalasinya.
  3. Buka Aplikasinya, dan klik izinkan akses lokasimu.
  4. Dan berikut adalah tampilan depan aplikasi AccuWeather, pastikan juga lokasimu juga sudah benar. Atau kalau mau cari secara manual, bisa ketik di kolom search location.

    Tampilan Depan

    Tampilan Depan

  5. Masuk ke menu Harian dan anda bisa melihat prakiraan cuaca satu minggu ke depan.

    Prakiraan Cuaca harian

    Prakiraan Cuaca harian

  6. Nah, setelah menetukan hari yang pas, kemudian klik prakiraan cuaca Per Jam.
    Prakiraan Cuaca per Jam

    Prakiraan Cuaca per Jam

    Cara bacanya adalah, anda bisa melihat ikon dan suhu yang ditampilkan per jam nya. Ketika ada ikon awan dan berikutnya ada ikon matahari secara terus menerus, kemudian suhu juga rata-rata diatas 30 derajat, kemungkina besar hujan tidak akan turun pada waktu tersebut. Sebaliknya, jika ditampilkan ikon hujan yang mendomninasi maka bisa dipastikan waktu tersebut akan turun hujan.

Nah jadi demikian cara memprediksi waktu yang paling tepat untuk melakukan penyemprotan supaya jadi lebih efektif. Untuk keakuratannya tidak seratus persen, tetapi lebih baik daripada anda tidak punya acuan sama sekali. Maka silakan untuk install aplikasi ini dan pantau terlebih dahulu prakiraan cuacanya sebelum melakukan penyemprotan. Kalau ternyata prakiraan cuacanya cerah, maka silakan lakukan penyemprotan. Akan tetapi jika ada gambar hujan atau suhunya rendah sekali dibawah 28 derajat celcius padahal di siang hari, maka bisa dipastikan tidak usah melakukan penyemprotan dulu karena khawatir turun hujan.

Waktu Terbaik Untuk Penyemprotan Pupuk Daun dan Hama

Sebagai tambahan informasi, kapan waktu yang tepat untuk melakukan penyemrpotan pupuk daun? Jawabannya adalah pada saat stomata tanaman kita itu terbuka antara pagi sampai sore hari. Tetapi yang paling bagus adalah di waktu pagi dan sore hari saja. Karena kalau dipaksakan di siang hari maka akan beresiko terjadi penguapan partikel air akibat sinar matahari yang begitu terik. Jadi pagi atau sore hari saja kalau anda mau melakukan penyemprotan pupuk daun.

Kemudian dalam hal penyemprotan hama, kapan kira-kira waktu yang paling tepat? Ketika hama mulai menyerang di malam hari atau suhu yang rendah artinya ketika anda ingin melakukan penyemprotan apalagi yang cara kerjanya itu kontak, maka lebih baik dilakukan pada saat sore hari agar pada saat hama itu datang menyerang dia langsung terkendalikan oleh pestisida yang sudah anda semprotkan tadi. Dan berlaku dalam hal pengendalian penyakit baik karena jamur maupun bakteri.

Dengan mengetahui soal prakiraan cuaca menggunakan aplikasi AccuWeather tadi, mudah-mudahan penyemprotan pupuk daun maupun pestisida untuk pengendalian organisme pengganggu tanaman anda menjadi lebih efektif lagi dan membawa hasil yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Membuat Larutan Semprot Pestisida