Pada hari ini tanamanbuah.com akan berbagi satu lagi pembahasan mengenai cangkok. Mencangkok kali ini menggunakan tekhnik Floral Foam sebagai media cangkok. Kita ketahui bahwa mencangkok mempunyai banyak cara, tapi kali ini kita fokus pada cangkok modern menggunakan floral foam secara benar dan hasilnya bagus. Umumnya mencangkok bisa melalui aplikasi media tanah, cocopeat dan kompos tetapi kali ini saya ingin menggunakan Oasis.

Cara Cangkok menggunakan Oasis / Floral Foam

Anda bisa beli media oasis ini di toko pertanian atau bisa juga pesan via online marketplace juga sudah banyak. Kita potong oasis sesuai dengan kehendak kita. Biasanya untuk cangkok oasis ini disesuaikan dengan batang yang dicangkok. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

floral foam oasis

Pemotongan Floral Foam merek Oasis

Siapkan vitamin B1 (dua butir cukup) dan kita tumbuk serta larutkan di dalam air satu liter. Setelah larut vitamin B1 nya, lalu masukkan floral foam di dalam air dan biarkan meresap secara merata. Bahan selanjutnya tetap kita menggunakan plastik ukuran 2 kiloan dan dipotong-potong. Siapkan juga tali rafia untuk pengikat.

floral foam oasis cangkok

Perendaman Floral Foam dengan vitamin B1

Baik, jadi kita sudah punya bahan, floral foam sudah disiapkan, plastik juga sudah ada, dan tali sudah dipotong, sekarang kita akan memilih seperti apa dahan yang akan kita gunakan saat mencangkok menggunakan floral foam. Kita bisa mencangkok tanaman yang masih muda. Sebagai contohnya dibawah ini adalah tunas air bekas pemangkasan kita, kita biarkan kemarin sewaktu pemangkasan entres pertama. Kita bisa mempercepatnya dengan cara mencangkok menggunakan floral foam ini. Karena kalau menggunakan media tanah/cocopeat akan berat dan daya topang dahannya belum kuat. Disamping itu sewaktu kita mengikisnya akan gampang patah.

dahan untuk cangkok

Dahan Siap Cangkok Menggunakan Floral Foam

baca : Cara Mencangkok Kelengkeng Yang Benar

Cangkok menggunakan Floral Foam ini mempunyai kelebihan yaitu cepat dalam pertumbuah akar dan dalam perkembangannya. Kembali ke topik cara mencangkok, kita kikis dahan yang dipilih menggunakan pisau untuk dibuang kulitnya dan jangan lupa untuk mengoreknya agar kambium nya hilang. Kalau sudah selesai proses pengkikisan dahan / batang, selanjutnya kita siapkan floral foam yang sudah direndam vitamin B1 tadi. Detail pemasangan bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

pemasangan floral foam

Pemasangan Floral Foam di Dahan siap Cangkok

Sesuaikan bekas keratan dengan ukuran floral foam yang telah kita belah dan potong tadi. Yakinkan bisa terbungkus secara menyeluruh. Pastikan dalam menempelkan media oasis ini harus sama tengah dan ditekan supaya betul-betul nempel dan rapat ke dahan. Selanjutnya kita lakukan pembungkusan dengan menggunakan plastik yang sudah disiapkan. Berbeda dengan pembungkusan tanah, kala menggunakan tanah, maka yang diikat pertama adalah yang bagian bawah supaya tanah nya tidak jatuh. Tetapi kalau menggunakan floral foam, kita wajib mengikatnya bagian plastik belah atas dulu karena waktu mau mengikat dibawah, maka kita wajib memeras floral foam ini agar kandungan air rendaman turun tetapi tidak boleh sampai hancur floral foam nya. Setelah diperas, baru kita ikat sambil diarahkan ke atas pengikatanya supaya padat.

pemadatan cangkok floral foam

Pemerasan Floral Foam sebelum dibungkus Plastik

Ulangi langkah diatas, sampai semua dahan yang akan dicangkok selesai. Mudah bukan cara cangkok menggunakan media floral foam ini ? Di artikel berikutnya, insya Allah saya akan jelaskan bagaiman cara menyetek tanaman menggunakan floral foam.