Pada kesempatan ini TanamanBuah akan menjelaskan bagaimana cara mudah untuk mencangkok mangga yang baik agar cepat keluar akar. Untuk varietas mangga nya tergantung selera, bisa mangga harum manis, madu, golek, manalagi dan lainnya. Mangga hasil cangkokkan ini nanti kita akan budidaya di dalam pot atau yang lebih dikenal dengan sebutan mangga tabulampot sehingga kita bisa leluasa untuk menanam di pekarangan rumah walaupun tempat nya terbatas.

tabulampot mangga

Planter Pack 100 Liter untuk Tabulampot Mangga

Dari gambar diatas kita bisa lihat bahwa mangga akan kita tanam di planter pack dengan ukuran 100 liter. Langsung saja untuk persiapannya kita harus memilih cabang mana yang akan kita gunakan sebagai bibit tabulampot.

cabang mangga

Cabang Mangga Yang Baik Untuk Cangkok Tabulampot

Setelah kita mendapatkan cabang yang akan kita cangkok, kita pilih cabang yang satu kemdian diteruskan tiga cabang ke atas agar nanti hasil bentuk tanaman tabulampot nya bisa indah dan cantik. Karena dari batang bawah satu kemudian diteruskan dengan cabang tiga. Kemudian kita siapkan peralatan pendukung seperti :

Peralatan Cangkok Mangga

  1. Gunting Tanaman
  2. Plastik Es
  3. Tali Rafia

Cara Mencangkok Mangga

Perhatikan area yang akan kita kupas, kira-kira satu kilan dari cabang agar nanti tidak terlalu pendek ke tanah cabang nya. Langsung saja, kita tancapkan gunting dan putar ke bawah sampai lingkaran bertemu.

mangga tabulampot

Pengupasan Pohon Mangga Untuk Cangkok

Selanjutnya dengan jarak sekitar tiga senti kita lakukan pengupasan. Setelah terkelupas sempurna, kita harus membuang semua kambiumnya dengan mengorek pakai pisau. Kita tunggu kurang lebih selama 40 hari agar nanti kambiumnya kering dan sayatan bakal calon akar nya keluar.

kalus mangga

Kalus Mangga Sudah Muncul Setelah 40 Hari Sejak Pengeratan

Setelah umur 40 hari dari pengeratan, maka akan muncul tunas-tunas air di bawah keratan. Kita buang tunas air untuk memudahkan pencangkokkan. Kita juga melihat sudah ada kalus-kalus yang sudah kering dan siap untuk dicangkok.

Persiapan Alat Untuk Mencangkok

Kita siapkan dulu bahan untuk mencangkok, diantaranya tali rafia yang sudah dipotong-potong. Kemudian media yang sudah dimasukkan ke kantong plastik. Sehingga nanti tinggal menempelkan saja ke batang yang sudah dikerat tadi. Sebelum kantong media ditempelkan kita sayat dulu di tengah kantong agar media menempel ke kambium. Sesudah media menempel, ikat dengan tali rafia atau tali logam.

Baca Juga : Cara Memupuk Tanaman Buah-Buahan

Pencangkokan Mangga

Jangan lupa untuk menutup hasil cangkokkan tadi dengan plastik hitam atau polybag agar tidak terhindar paparan sinar matahari secara langsung. Dan juga warna hitam membuat perakaran akan lebih cepat keluar.

Cangkokan Ditutup dengan Polybag

Sampai disini sebenarnya proses pencangkokkan mangga sudah selesai tinggal masuk ke bagian perawatan dan pemupukkan.

Perawatan dan Pemupukan Mangga Tabulampot

Sebenarnya pemupukkan itu dimulai dari dua minggu setelah tanam. Pertama, kita sediakan NPK dengan kandungan 16:16:16 dengan tiga unsur Nitrogen, Phospat dan Kalium. Kemudian siapkan juga pupuk TSP (Triple Super Phospat). Lalu siapkan juga pupuk KCL atau Kalium dengan kandungan yang lebih tinggi. Untuk membuat mangga kita itu rajin berbuah di dalam pot, kita membuat rumus, dua minggu setelah tanam kita memberikan pemupukan NPK dengan tujuan merangsang pertumbuhan. Jadi, satu sendok NPK kita berikan setelah dua minggu pertama. Untuk dua minggu selanjutnya kita berikan satu sendok NPK lagi. Dan setelah dua minggu ke depannya lagi, kita berikan kompos bisa kohe atau kompos organik lainnya. Dan juga ditambah satu sendok makan TSP dicampur dengan satu sendok teh KCL.

Penaburan Pupuk NPK

Cara paling efektif pengaplikasian pupuk ini bisa dengan cara mencongkel pinggiran tanah di pot, dan taburkan pupuk di sekitar nya. Kalau bisa sebelum pemupukkan disiram dulu agar lembab sehingga pupuk cepat mengurai dan larut. Sesudah ditaburkan kemudian tutup dengan tanah / media. Nah, sesuai prosedur yang kita buat, dua minggu setelahnya kita congkel lagi tanah di pot dan diberi satu sendok makan NPK. Kemudian dua minggu kedepannya, kita berikan pemupukan TSP dan KCL serta Kompos. Untuk dua minggu kedepannya lagi kembali ke siklus awal. Begitu terus selanjutnya, dan biasanya setelah dua kali siklus insya Allah pohon menjadi besar dan buah akan mulai tumbuh banyak.

Demikianlah langkah-langkah untuk mencangkok mangga untuk tabulampot berikut pemupukan dan perawatannya. Semoga menjadi inspirasi dan jangan lupa untuk tetap semangat bercocok tanam.