buah kelengkeng

Buah Kelengkeng Super

Buah kelengkeng memiliki cita rasa yang unik. Disamping rasanya manis dan mempunyai tekstur berair, kelengkeng ini juga mempunyai daya tarik di bidang bisnis karena harganya relatif mahal dan stabil. Bagaimana kalau kita memiliki pohon kelengkeng sendiri ? atau ingin menanam pohon kelengkeng dengan benar agar cepat berbuah ?

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara mencangkok pohon kelengkeng dengan media pasir yang benar agar cepat berbuah. Anda bisa menyiapkan alat-alat dan bahan untuk mencangkok kelengkeng berikut ini :

  1. Pisau / Cutter
  2. Plastik 0.5 mm
  3. Tali Pita Kawat
  4. Gunting
  5. Pasir Halus / Pasir Cepu
  6. Perangsang Akar
  7. Kuas Kecil
  8. Air

Langsung saja, Langkah pertama kita pilih batang atau cabang yang sudah layak untuk dicangkok misalnya seperti gambar ini :

cangkok batang kelengkeng

Batang Kelengkeng Siap Cangkok

Langsung diiris, kulitnya dikelupas dan setelah itu kambiumnya dibersihkan dengan pisau dari atas ke bawah. Agar nanti bagian calon tumbuh akar atau kalus nya bisa rapih tidak memar dan bisa optimal dalam pertumbuhan akarnya. Setelah kulit dikupas seperti ini bentuknya :

cangkok kelengkeng

Batang Kelengkeng Yang Sudah Dikelupas

Kita tunggu selama satu hari satu malam, agar nanti luka-luka nya kering dahulu. Menjelang hari berikutnya, kita siapkan racikan perangsang akar berupa Rootone F Stek Powder. Setelah itu diambil Rootone F menggunakan kuas kecil kedalam wadah berisi air. Selanjutnya anda bisa mengoleskannya ke batang yang sudah dikupas tadi. Setelah kurang lebih 6 hari maka akan muncul pertumbuhan kalus seperti gambar dibawah ini :

mencangkok kelengkeng

Batang Kelengkeng Sudah Muncul Akar Halus / Kalus

Setelah muncul pertumbuhan kalus seperti ini maka cabang kelengkeng ini siap untuk dibungkus cangkokkan dengan menggunakan media pasir. Kita siapkan dulu alat-alat untuk membungkusnya yaitu Plastik. Tapi sebelumnya kita potong dulu tali pita kawat agar nanti tangan kita tidak kotor. Bisa dilihat pada gambar berikut ini :

cara cangkok kelengkeng mudah

Potong Tali Pita Kawat

Selanjutnya, pasir yang sudah direndam dengan air dimasukkan ke kantong plastik, kemudian dibelah menggunakan pisau dan langsung kita bungkus cabang kelengkeng tadi. Selengkapnya bisa dilihat gambar dibawah ini :

cangkok kelengkeng media pasir

Cara Pengikatan Tali Pita pada Cangkok Media Pasir

Sesudah itu, anda bisa mengikat dengan tali pita kawat yang sudah disiapkan tadi. Langkah selanjutnya anda bisa membungkusnya / ditutupi dengan plastik bekas polibag dengan tujuan agar tidak terkena sinar matahari bakal calon tunasnya. Dan dengan kondisi gelap diharapkan nanti pertumbuhan akar akan menjadi cepat dibanding daripada yang tidak dibungkus dengan plastik gelap.

Nah demikian cara mencangkok kelengkeng yang simpel dan mudah dikerjakan dengan menggunakan media pasir. Semoga bermanfaat.