Assalamu’alaikum Wr. Wb. Semoga kita tetap semangat dan dalam kondisi yang sehat wal ‘afiat sehingga aktifitas sehari-hari kita tidak terganggu khususnya para penghobi dan pecinta tanaman buah. Nah, pada postingan kali ini banyak sekali yang request bagaimana cara mengendalikan, mengusir atau menangkap kelelawar di sekitar tanaman buah. Karena jenis kelelawar buah ini sangat aktif sekali di malam hari.

Kelelawar Terjaring

Kelelawar Terjaring

Jadi kalau tanaman buah teman-teman diganggu oleh kelelawar bauh, tidak usah repot-repot cukup membuat jaring perangkap jerat burung dan kita pasang disekelliling area tanaman kita. Pada malam hari para kelelawar ini biasanya akan berpatroli dan merusak jambu madu, kelengkeng dan jenis tanaman buah kita lainnya.

Biasanya kita menggunakan kantong asoy untuk membungkus tanaman buah, hal ini bisa saja dilakukan dan hasilnya tanaman buah aman dari serangan kelelawar. Tapi masalahnya dia akan tetap berkeliaran di kebun atau halaman kita. Nah pada kali ini kita akan membuat tutorial bagaimana cara menangkap kelelawar ini dengan menggunakan jaring burung. Cukup praktis karena pada sore hari kita pasang, pada malam harinya para kelelawar ini sudah terperangkap.

Cara Pasang Perangkap Jaring Kelelawar Buah

  1. Siapkan jaring perangkap (bisa dibeli di toko/pasar burung) dengan panjang sekitar 8 meter (atau bisa di sesuaikan dengan luas lahan kalian).

    Jaring Burung

    Jaring Burung

  2. Kita beri tonggak untuk penopang jaring (bisa menggunakan kayu, bambu atau pipa besi).

    Tonggak dari Bambu

    Tonggak dari Bambu

  3. Kemudian kita bentangkan jaring tadi diantara dua tiang yang sudah terpasang.

    Perangkap Kelelawar Berhasil

    Perangkap Kelelawar Berhasil

Nah, kalau sudah terpasang seperti gambar diatas maka si kelelawar ini tidak akan melihat dan menyangka kalau disana ada perangkap. Sehingga akan terjebak di jaring tersebut. Perlu diperhatikan bahwa pemasangan jaring ini sebaiknya berada di dekat tanaman buah yang sedang lebat berbuah dan berbunga karena hal ini rentan menarik perhatian kelelawar.

Oiya, bukan hanya kelelawar saja yang kita dapat. Kalau malam hari kita dapat kelelawar tapi siang harinya dapat burung pemangsa buah. Jadi dengan menggunakan perangkap ini kita bisa mengurangi populasi kelelawar yang akan mengganggu dan menyerang tanaman kita yang sedang berbuah.

Kelelawar Yang Terjebak Masih Agresif

Kelelawar Yang Terjebak Masih Agresif

Sebagai informasi saja, bagi yang belum tahu cara melepaskan kelelawar dari jaringnya harus hati-hati. Karena kelelawar ini bisa menggigit dengan giginya yang tajam. Atau bisa juga kelelawar yang sudah terjaring ini dibiarkan mati supaya kita tidak terhindar dari gigitannya. Tetapi kalau seandainya kalau kita harus melepaskannya maka harus waspada. Untuk meminimalisir gigitan tersebut kita harus tega membiarkannya mati dulu atau bisa saja kita matikan dengan menggunakan alat. Karena niat kita adalah membasmi hama pengganggu.

Nah, itu saja tips postingan kali ini untuk menghindari serangan kelelawar pada tanaman buah kita. Semoga bermanfaat bagi teman-teman dimanapun berada.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Berantas Hama Kutu Putih