Halo sobat tani, masih di TanamanBuah , kali ini kita akan mengulas bagaimana cara tanam strawberry secara hidroponik di pekarangan rumah sendiri dengan mudah. Strawberry memang lebih bagus ditanam di dataran tinggi, akan tetapi kita juga bisa mengkondisikannya di dataran rendah juga. Nah, yuk kita simak penjelasan dan step by step cara menannam secara detail.

Strawberry Californai Hidroponik

Strawberry Californai Hidroponik

Alat dan Media Yang Harus Dipersiapkan

Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan dalam menanam strawberry di hidroponik ini. Berikut beberapa alat yang perlu kita persiapkan :

  1. Toples yang dicat warna hitam dengan tujuan cairan Nutrisi AB mix yang kita tuangkan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

    Toples Kotak Tempat Nutrisi AB Mix

    Toples Kotak Tempat Nutrisi AB Mix

  2. Pot. Sebenarnya kita bisa menggunakan net pot, tapi kalau tidak ada bisa menggunakan pot biasa dengan ukuran 10 – 15 cm. Pot tersebut pastikan ada banyak lubang di bagian bawah dan samping.

    Pot Ukuran 10-15 cm.

    Pot Ukuran 10-15 cm.

  3. Kain flanel. Kain flanel ini berguna sebagai sumbu untuk menghantarkan nutrisi dari Toples ke Pot yang akan diserap oleh akar Strawberry. Untuk pemasangan kain flanel / sumbu ini di pot caranya adalah, dengan menyelipkan kain flanel di lubang bawah pot, untuk dijulurkan agar mengenai nutrisi di kotak toples. Usahakan kain flanel ini bisa mengikat / menyentuh perakaran strawberry yang akan kita tanam.

    Kain Flanel Sebagai Sumbu Penghantar Nutrisi

    Kain Flanel Sebagai Sumbu Penghantar Nutrisi

  4. Media. Bisa menggunakan sekam bakar, rockwool atau bisa juga cocopeat. Khusus untuk media cocopeat, harus dibuang zat tanin nya terlebih dahulu.

    Cocopeat Sebagai Media Tanam

    Cocopeat Sebagai Media Tanam

  5. Bibit Strawberry. Untuk bibit bisa menggunakan jenis bibit strawberry apapun. Disini saya menggunakan bibit Strawberry California yang mempunyai karakteristik buah yang besar.

    Bibit Strawberry California

    Bibit Strawberry California

Langsung saja ya sobat tani, ke tahap persiapan media dan penanaman.

  1. Kita masukkan media ke dalam pot (cocopeat, rockwool atau sekam bakar) yang sebelumnya sudah kita isi dengan kain flanel. Usahakan untuk menekan sisi samping media agar lebih padat.
  2. Untuk tempat media nya, saya memakai toples kotak agar nutrisi yang diisikan ke dalam toples bisa lebih maksimal. Silahkan sobat tani kalau mau pakai yang model lain juga tidak apa-apa. Yang penting ukuran nya bisa pas dengan pot yang akan kita taruh di atasnya.
  3. Siapkan bibit Strawberry yang akan ditanam. Untuk mendapatkannya bisa membeli di toko tanaman hias, maupun online. Banyak penjual yang menawarkan bibit strawberry ini dengan berbagai varietas di toko online. Usahakan untuk memilih bibit yang perakarannya sudah bagus. Ideal nya, bibit yang bagus berumur kurang lebih 3 mingguan. Keluarkan bibit strawberry dari polybag secara hati-hati agar perakarannya tidak rusak. Kemudian cuci sampai bersih akar nya, dengan tujuan menghilangkan kotoran sehingga nanti nutrisi yang ada dalam toples tidak ikut kotor.

    Pencucian Akar Strawberry

    Pencucian Akar Strawberry

  4. Bibit yang sudah dipersiapkan, kita sortir lagi. Apabila ada daun yang kering/layu kita potong. Nah, biasanya dalam satu polybag, kita bisa jadikan benih strawberry ini ke dalam beberapa pot. Kalau perakarannya kuat, bisa dibagi menjadi 2-3 bibit.

    Bibit Strawberry Siap Tanam Hidroponik

    Bibit Strawberry Siap Tanam Hidroponik

Baik sobat tani, kita ke tahap selanjutnya yaitu merakit pot dan toples, pemberian nutrisi AB Mix serta penananman strawberry. Untuk penanamannya, usahakan akar menyentuh dengan kain flanel, sehingga nutrisi yang kita berikan bisa langsung terserap oleh akar.

Kain Flanel Nempel di Perakaran

Kain Flanel Nempel di Perakaran

Tips agar tanaman strawberry tidak gampang roboh, kita cukup menekan media agar sedikit padat sehingga batang strawberry bisa tegak dan kuat menopang daun.

Menekan Media Agar Batang Strawberry Kuat

Menekan Media Agar Batang Strawberry Kuat

Berikut hasilnya tanaman strawberry yang sudah kita tanam ke dalam pot dan siap untuk hidroponik.

Strawberry di Pot

Strawberry di Pot

Cara Mencampur Nutrisi AB Mix Buah

Kita siapkan dulu tiga liter air ke dalam ember. Kemudian kita tuangkan nutrisi AB Mix ke dalam air 3 liter dengan konsentrasi 500 – 600 ppm untuk masa tanam pertama. Nanti setelah produktif, kita akan tambahkan konsentrasinya menjadi lebih tinggi.

Pencampuran AB Mix dengan Air

Pencampuran AB Mix dengan Air

Setelah diaduk rata, kita ukur dengan menggunakan alat TDS meter agar konsetrasi yang diharapkan sesuai.

Tes dengan Alat TDS Meter. Usahakan 500-600 PPM.

Tes dengan Alat TDS Meter. Usahakan 500-600 PPM.

Setelah konsetrasi sesuai, kita isikan nutrisi tersebut ke dalam toples yang telah kita lubangi tutupnya. Usahakan air yang kita isikan jangan sampai menyentuh ke dalam bagian bawah pot, cukup kain flanel nya saja yang menyentuh nutrisi.

Pengisian Toples dengan Nutrisi AB MIX

Pengisian Toples dengan Nutrisi AB MIX

Setelah itu, tinggal kita letakkan pot tersebut di atas toples. Untuk penyiraman pertama, kita bisa kocor dulu atau bisa disemprot. Karena pada awal tanam biasanya kain flanel butuh waktu untuk menghantarkan nutrisi ke perakaran dan media tanam.

Hasil Akhir Penanaman Strawberry Hidroponik

Hasil Akhir Penanaman Strawberry Hidroponik

Setelah dua hari, umumnya sudah keluar tunas daun seperti gambar di bawah ini.

Strawberry Hidroponik Setelah 2 Hari Tanam

Strawberry Hidroponik Setelah 2 Hari Tanam

Baik sobat tani, mudah bukan menanam strawberry hidroponik di rumah sendiri ? Selamat mempraktekkan, dan jangan lupa terus berkreasi.