Pada kesempatan kali ini, tanamanbuah.com akan mengulas bagaimana cara menanam dan memperbanyak seledri dari tunas batangnya. Tentunya untuk memperbanyak dari tunas batang, kalian harus mempunyai tanaman seledri yang sudah berumur. Lebih-lebih kalian sudah punya tanaman seledri yang sudah rimbun, sehingga untuk perbanyakannya lebih mudah dan insyaAllah tidak akan habis dipanen selagi masih tumbuh subur. Nah berikut adalah cara memperbanyak tanaman seledri tanpa harus beli benih, melainkan dari anakan-anakan seledri yang tumbuh.

  1. Anda harus membongkar tanaman seledri dari pot dan media tanam.

    Bongkar Tanaman Seledri

    Bongkar Tanaman Seledri

  2. Sesudah dibongkar dari media tanam, akar seledri kita prunning agar tidak saling berdesakan.

    Akar Tanaman Seledri

    Akar Tanaman Seledri

  3. Setelah itu kita bersihkan dengan air supaya bisa melihat cabang batang baru yang akan kita ambil untuk diperbanyak.

    Pembersihan Akar Seledri

    Pembersihan Akar Seledri

  4. Ambil dan pisahkan beberapa batang seledri yang akan diperbanyak. Ingat, akar jangan sampai rusak.

    Pemisahan Batang Seledri

    Pemisahan Batang Seledri

  5. Biasanya, ketika memisahkan batang seledri untuk ditanam kembali, ada indukan nya. Kita tanam lagi indukan ke media tanam semula, dan untuk anakannya kita bisa tanam untuk perbanyakan.

    Indukan Batang Seledri

    Indukan Batang Seledri

  6. Siapkan beberapa polybag dengan media tanam poros, kemudian masukan batang seledri anakan tadi ke masing-masing polybag.

    Polybag dan Media Tanam Seledri

    Polybag dan Media Tanam Seledri

  7. Jangan lupa untuk disiram ya.

Setelah semua anakan seledri ditanam, tinggal proses perawatan saja. Perhatikan juga kelembapan media, kalau sekiranya kering kita bisa siram. Anakan seledri tersebut biasanya akan tumbuh rimbun kisaran di minggu ke empat. Daun-daun akan lebat dan batang akan saling menjuntai. Selanjutnya kita bisa panen kembali di bulan ke 2, karena pada fase tersebut daun sudah sangat rimbun.

Semoga informasi ini bisa menginspirasi kalian semua untuk memperbanyak tanaman seledri di rumah masing-masing. Asyik-kan, kalau butuh seledri tidak usah beli di warung, tinggal petik-petik sendiri di teras rumah.

Baca Juga : Cara Menanam Seledri dari Benih