Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sahabat para pecinta tanaman buah, bonsai dan tanaman hias lainnya? Semoga diberi kesehatan dan masih semangat dalam beraktivitas cocok tanam. Pada postingan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara menananm/menyemai benih seledri di pot sendiri dari biji. Untuk memperbanyak daun seledri bisa melalui beberapa cara, yaitu bisa dengan cara pemisahan anakan dan dari semai biji.

Seledri

Seledri

Keunggulan dari semai biji adalah kita bisa mendapatkan proses pertumbuhan dari awal walaupun prosesnya agak lama. Jadi di postingan ini kita akan belajar bagaimana cara menyemai seledri dari biji dan pemisahan/pemindahan pada saat tumbuh. Langsung saja kita simak langkah-langkah dan prosesnya berikut ini.

Kita bisa mendapatkan benih seledri di toko pertanian terdekat atau bisa juga di online shop dengan harga yang terjangkau. Manfaat dari daun seledri sendiri bisa digunakan untuk bumbu masakaan atau bisa untuk obat herbal.

Langkah-langkah Menanam Seledri dari Benih

  1. Bacalah aturan yang ada dalam label benih khususnya tanggal kadaluwarsa dan daya tumbuh.

    Tanggal Kadaluarsa Benih Seledri

    Tanggal Kadaluarsa Benih Seledri

  2. Siapkan satu mangkok/gelas air hangat kuku.

    Air Hangat Kuku

    Air Hangat Kuku

  3. Keluarkan benih seledri dari kemasan dan ambil beberapa biji sesuai kebutuhan.

    Benih Seledri

    Benih Seledri

  4. Rendam biji tersebut di air hangat yang sudah disiapkan tadi selama 2-3 jam kedepan.

    Perendaman Benih Seledri

    Perendaman Benih Seledri

  5. Jangan lupa diaduk ya, agar benih seledri terendam sempurna.

Langkah Persemaian Benih Seledri

Perlu diketahui bahwa untuk proses persemaian benih seledri ini cukup lama, sekitar 3-4 minggu. Berikut langkah-langkahnya untuk persemaian benih seledri sesudah perendaman.

  1. Tiriskan benih setelah direndam menggunakan saringan teh dan tunggu hingga 30 menit yang bertujuan agar benih benar-benar kering.

    Penirisan Benih Seledri

    Penirisan Benih Seledri

  2. Siapkan pot semai dengan media dan semai benih seledri tadi secara merata.

    Siapkan Pot Semai

    Siapkan Pot Semai

  3. Setelah selesai menyemai, taburkan abu dapur atau abu sekam diatasnya tipis-tipis secara merata. Gunanya adalah untuk mencegah datangnya hama.

    Tabur dengan Abu Sekam

    Tabur dengan Abu Sekam

  4. Lakukan penyiraman secara merata menggunakan spray, dan tambahkan abu lagi.
  5. Kita tutup media semai tadi dengan menggunakan plastik gelap. Dan jangan lupa catat tanggal persemaian.

    Pencatatan Semai Seledri

    Pencatatan Semai Seledri

Dalam proses persemaian ini, kita bisa sesekali buka plastik penutup untuk mengecek apakah media terlalu kering atau tidak. Jika terlalu kering bisa kita spray lagi untuk menjaga kelembapan. Ingat, jangan terlalu basah untuk mencegah benih seledri mengalami pembusukan.

Hasil Persemaian Seledri Setelah Tiga Minggu

Setelah tiga minggu, kita bisa memindahkan semaian seledri ini ke pot-pot yang telah kita siapkan. Tips untuk memindahkan semain seledri ke pot tray bisa menggunakan pinset agar batang seledri tidak luka. Cabut dengan pinset dan tancapkan ke Pot.

Repotting Seledri

Repotting Seledri

Setelah dipindah ke pot tray, tinggal kita melakukan perawatannya saja, yaitu dengan penyiraman dan pemupukan. Setelah 40 hari berada di pot, maka tanaman seledri ini akan tumbuh subur seperti berikut ini.

Seledri Tumbuh Subur

Seledri Tumbuh Subur

Perawatan Seledri di Pot

Untuk perawatannya sendiri bisa dengan penyiraman rutin saat media tanam hampir kering, dan bisa diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Cuman untuk mempertahankan kesuburannya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti pemupukan terhadap tanaman seledri tersebut.
Berikut langkah-langkah pemupukan Seledri.

  1. Pupuk dengan NPK warna biru. NPK ini bisa dipakai untuk tanaman lainnya sebagai penyubur daun, bunga, buah dan memacu pertumbuhan akar.

    Pupuk NPK

    Pupuk NPK

  2. Akan tetapi, sebelum kita taburkan ke media kita wajib untuk menggemburkan tanahnya terlebih dahulu agar nutrisi NPK tersebut cepat menyerap ke akar.

    Penggemburan Media Tanam

    Penggemburan Media Tanam

  3. Setelah dipupuk dengna NPK selanjutknya tanaman seledri kita siram dengan air bertujuan untuk melarutkan pupuk NPK tadi. Pupuk NPK tadi berbentuk butiran-butiran sehingga agar cepat larut, maka kita siram air.

    Penyiraman Tanaman Seledri

    Penyiraman Tanaman Seledri

Kalau seandainya sobat ingin melarutkan NPK ke air dulu itu boleh saja, dan untuk takarannya bisa dengan satu sendok makan NPK untuk satu liter air.

Nah, mudah bukan sobat tanamanbuah.com ? Yuk, kita tanam seledri sendiri di rumah, selain bisa untuk bahan masakan seledri ini juga bisa untuk obat herbal lho..

Terimakasih dan sampai jumpa di postingan menarik lainnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Bayam Merah