Pada kesempatan kali ini TanamanBuah akan memberikan tips bagaimana cara membudidayakan tanaman sawi hijau di pekarangan tanpa semai sehingga waktu yang dibutuhkan untuk masa panen relatif lebih cepat. Sebetulnya ada dua teknik dalama membudidayakan sawi hijau ini. Yang pertama kebanyakan dilakukan oleh para petani yaitu sistem semai tanam, caranya adalah dengan menyemai benih terlebih dahulu kemudian setelah tumbuh calon batang atau daun baru bisa dipindahkan ke lahan tanam. Tetapi di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang tata cara membudidayakan tanaman sawi dengan sistem tanam semai. Seperti apa sistem tanam seperti ini ? Simak tutuorial nya berikut ini.

Baca Juga : Cara Menyemai Cabe Rawit

Persiapan Lahan

Untuk persiapan lahan, kita bisa membuat bedengan kurang lebih sekitar 1,5 meter setiap bedengan. Kemudian untuk jarak antar bedengan kita dapat menyesuaikan dengan alat bajak mesin / traktor yang kita gunakan.

Bedengan Untuk Persiapan Tanam Sawi

Sedangkan panjang bedengan kita dapat menyesuaikan tergantung dengan kondisi lahan yang akan kita tanami sawi. Kemudian setelah itu kita bisa langsung melakukan penanaman dengan cara menebar bibit sawi yang akan kita budidayakan.

Persiapan Pupuk, Insektisida dan Bibit

Yang pertama kita dapat menyiapkan insektisida dengan bahan aktif Deltametrin. Kemudian kita bisa menyiapkan benih atau bibit sawi yang akan kita tanam seperti berikut.

Persiapan Benih Biji Sawi

Yang ketiga kita juga siapkan pupuk urea sebagai pemupukan awal atau starter.

Cara Mixing

Kita masukkan pupuk urea kedalam wadah atau ember kurang lebih sekitar 10 Kg untuk pemupukkan starter. Kemudian kita dapat memasukkan benih atau bibit sawi yang akan kita budidayakan sebanyak satu gelas kecil atau cangkir kurang lebih satu ons benih.

Pupuk Urea dicampur dengan benih Sawi dan Insektisida

Lalu kemudian kita masukkan insectisida sekitar 20 ml dengan tujuan memproteksi benih yang akan kita tebar dari serangan ulat atau semut. Kemudian kita campur serata mungkin baru kemudian bisa kita langung tebar.

Pengaplikasian / Penanaman

Kita sebarkan secara merata pada bedengan yang telah kita buat. Sehingga nanti hasilnya akan terlihat rata seperti gambar berikut.

Penyebaran Benih di Pekarangan

Biasanya setelah tiga hari dari penebaran benih akan terlihat sudah mulai berkecambah dan tumbuh menjadi calon batang dan daun.

Perawatan Pasca Tanam

Untuk mengurangi resiko terhempasnya benih yang kita sebar karena turunnya hujan kita bisa menutupinya dengan jerami seperti gambar berikut.

Penanggulangan Hujan dengan Menutup Media dengan Jerami

Tujuannya agar nanti benih yang sudha kita sebar tidak terhempas dari bedengan yang sudah kita buat ketika kita membudidayakan tanaman sawi di musim penghujan. Biasanya setelah tiga hari kita sudah bisa menemukan munculnya calon tanaman sawi yang kita budidayakan.

Sawi Hijau tumbuh dengan Baik

Demikian cara yang paling efektif dalam menanam sawi hijau di pekarangan tanpa semai atau bisa juga disebut dengan tanam semai yang relatif lebih simpel dan singkat dalam proses pertumbuhannya. Semoga menjadi insipirasi bagi teman tani semua, dan bermanfaat bagi kita semua.