Assalamu’alaikum Wr. Wb. Sebelumnya kami segenap admin tanamanbuah.com ingin mengucapkan Minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin. Pada postingan perdana bulan syawal ini, kami tertarik untuk mengulas bagaimana menanam pisang kepok agar pertumbuhannya maksimal dan cepat berbuah. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan? Mari kita ulas berikut ini.

Sebenarnya cara menanam pisang itu pada prinsipnya sama saja, mau itu menanam pisang kepok, pisang susu, pisang cavendish, pisang barangan, pisang maskirana, pisang ambon, pisang raja dan lain sebagainya.

Untuk proses penanaman pisang, langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Carilah indukan yang sehat. Indukan pisang yang sehat ini maksudnya adalah bebas dari penyakit apapun.
  2. Carilah anakan pisang yang mempunyai daun pedang. Dalam artian dari bentuk batang dia besar dan mempunyai daun pedang sebagai berikut:
    Batang Pisang Sehat

    Batang Pisang Sehat

    Daun Pedang Bibit Pisang

    Daun Pedang Bibit Pisang

  3. Usahakan bonggol pisang tidak terluka saat penggalian. Jadi ketika menggali harus tuntas sampai bonggolnya terlepas, tidak boleh ditarik apalagi di congkel. Karena kalau kita tarik paksa, maka susunan pelepah pisang dan bonggol tersebut akan rusak. Kalau sudah rusak khawatir pertumbuhan pisang tidak maksimal. Setelah pengambilan anakan pisang, maka kita bersihkan dan biarkan di tempat yang teduh selama 2 hari. Tujuannya agar bekas sayatan kering dan kembali sehat.
  4. Pastikan bibit pisang tadi steril/bebas dari penyakit rumpun aslinya. Caranya dengan melakukan perendaman menggunakan pestisida/fungisida.

    Fungisida Antracol

    Fungisida Antracol

Untuk fungisida kita bisa memakai antracol. Buatlah larutan fungisida dengan perbandingan 5 liter air dengan 2 sendok antracol. Aduk sampai merata.

Larutan Fungisida

Larutan Fungisida

Setelah itu kita rendam bibit pisang tadi selama kurang lebih 10 menit.

Perendaman Bibit Pisang

Perendaman Bibit Pisang

Setelah perendaman kita angkat dan tunggu hingga benar-benar mengering.

Proses penanaman pisang kepok:

  1. Lubang tanam harus disterilkan dulu. Caranya dengan kita gali satu minggu sebelum proses penanaman. Dengan cara ini, lubang tanam akan terkena sinar matahari sehingga bakteri, patogen didalamnya akan mati.

    Lubang Tanam

    Lubang Tanam

  2. Untuk ukuran diameter lubang tanam bisa menggunakan 50cm dengan kedalam 50 cm juga.
  3. Setelah lubang tanam jadi, maka kita bisa menanamnya. Pastikan pohon pisang dalam posisi tegak lurus.

    Pohon Pisang Tegak Lurus

    Pohon Pisang Tegak Lurus

  4. Lakukan penyiraman secukupnya. Pada musim kemarau kita bisa menambahkan jerami kering di area penyiraman untuk menjaga kelembapan.

    Penyiraman dan Penambahan Jerami Kering

    Penyiraman dan Penambahan Jerami Kering

Nah, demikian proses menanam pisang kepok agar pertumbuhannya maksimal dan cepat berbuah. Semoga dapat menginspirasi sahabat sekalian dan bisa untuk dipraktekkan.

Wassalamua’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Kunyit