Pada kesempatan kali ini TanamanBuah akan memberikan tips dan cara bagaimana membudidayakan atau menanam labu madu (butternut pumpkin) di pekarangan rumah. Labu madu ini sekarang sudah populer di tanah air karena berbagai manfaat dan nutrisi yang terkandung seperti antioksidan dan vitamin A,B yang tinggi. Bagaimana langkah-langkah nya ? kita simak berikut ini.

Labu Madu di Pekarangan Rumah

Proses Persiapan Media Tanam

Tanaman labu madu ini bisa ditanam dipekarangan rumah sekaligus sebagai peneduh karena tanaman nya yang merambat dan buahnya bergelantungan. Untuk media tanah, bisa menggunakan tanah pekarangan dengan campuran pupuk kompos. Sediakan juga lubang tanam dengan ukuran 50×50 cm dengan kedalaman sampai 40 cm. Sehabis dilubangi, diamkan selama 3-4 minggu atau satu bulan. Jangan lupa untuk menaburkan kapur dolomit di sekitar lubang tanam secukupnya agar bisa memperbaiki keasaman tanah sehingga tetap bersifat netral. Selanjutnya berikan pupuk kandang yang sudah matang dan pupuk dasar berupa pupuk NPK dan SP36 masing-masing sebanyak 500 gram.

Baca Juga : Cara Grafting Pohon Nangka

Pemberian Pupuk Dasar pada Media Tanam Labu Madu

Setelah menunggu 3-4 minggu waktunya untuk memasukkan tanah galian dan campur semua media pupuk menjadi satu bagian. Setelah masuk semua, tunggu satu minggu agar tanah dan pupuk tercampur merata dan matang. Sesudah itu kita siap untuk proses penanaman labu madu ini.

Proses Penyemaian Labu Madu

Sambil menunggu media tanam siap, kita bisa melakukan pembibitan dan penyemaian dengan menggunakan pot semai dicampur dengan sekam bakar, tanah dan kompos. Disini saya menggunakan biji labu hasil dari tanamn sendiri. Sebelum melakukan penyemaian kita rendam dulu biji labu madu dengan air hangat supaya proses perkecambahan lebih cepat. Usahakan biji yang runcing dibawah dan tancapkan ke media tanah di pot tray. Kemudian siram lagi dan tempatkan di ruangan tertutup dari sinar matahari langsung. Kita tunggu selama kurang lebih satu minggu.

Proses Penyemaian Biji Labu Madu di Pot Tray

Proses Penanaman Labu Madu

Setelah seminggu maka labu madu akan tunas dan bisa dipindahkan ke media tanam yang sudah dipersiapkan. Sebelum melakukan penanaman kita harus persipakan mulsa agar menjaga tanah tetap lembab dan mencegah jamur serta gulma. Setelah itu kita tinggal pindahkan benih labu madu dari pot tray ke media tanah yang sudah diberi mulsa tadi. Jangan lupa untuk menancapkan bambu untuk rambatan.

Proses Penanaman Hasil Semai Labu Madu di Pekarangan

Demikian cara menanam labu madu di pekarangan rumah sendiri dengan mudah, nantikan tips selanjut nya untuk perawatannya di website tanamanbuah.com ini. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.