Assalamu’alaikum Wr. Wb. Tanaman kunyit sebagai tradisional memang sudah dikenal masyarakat kita sejak dulu kala. Selain untuk kesehatan, rimpang kunyit ini juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan makanan seperti pepes ikan, soto maupun kuliner khas daerah yang populer. Nah, pada postingan kali ini, tanamanbuah.com akan memberikan tips bagaimana cara menanam kunyit di polybag/pot sehingga lebih praktis dan bisa irit tempat.

Kunyit hasil tanam di Polybag

Kunyit hasil tanam di Polybag

Persiapan Media Tanam

Hal utama yang disiapkan dalam menanam kunyit adalah media. Ya, media ini adalah hal yang terpenting dalam menanam apa saja tidak hanya kunyit. Media tanam yang bagus atau baik adalah campuran antara tanah, pupuk kandang dan juga arang sekam/arang kayu. Namun apabila tidak ada arang sekam bisa menggunakan tanah dan pupuk kandang saja. Untuk ukuran polybag nya sendiri umumnya menggunakan ukuran diameter 17,5cm.

Media tanam kunyit

Media tanam kunyit

Persiapan Bibit

Hal yang kedua adalah siapkan bibit atau benih kunyitnya. Ini adalah bibit kunyit yang telah disemai dan tumbuh tunas. Jadi untuk mempercepat proses tumbuh kita bisa semai dulu agar keluar tunas nya. Namun bisa juga tanpa melalui proses semai. Anda bisa langsung tanam kunyit melalui rimpangnya dan usahakan benih sudah tua.

Bibit Rimpang Kunyit

Bibit Rimpang Kunyit

Cara Penanaman

Dalam satu polybag bisa ditanam satu atau dua rimpang kunyit. Untuk menjaga nutrisi dalam media, usahakan menggunakan ukuran polybag yang lebih besar. Setelah selesai ditanam jangan lupa langsung disiram menggunakan spray.

Untuk penanaman kunyit langsung melalui rimpangnya, usahakan rimpang yang akan ditanam sudah cukup tua agar nanti pertumbuhannya bagus dan menghasilkan rimpang yang banyak. Masukkan rimpang kunyit di media (jangan terlalu dalam) lalu timbun dengan media lagi kemudian disiram. Penanaman langsung menggunakan rimpang kunyit ini memakan waktu agak lama tetapi apabila sudah tumbuh mudah sekali perawatannya.

Penanaman Rimpang Kunyit

Penanaman Rimpang Kunyit

Keuntungan dari menanam kunyit adalah ketika sudah tumbuh dan menghasilkan rimpang bisa diambil sedikit-sedikit setiap kali panen. Dan rimpang yang sudah dipanen tersebut bisa ditanam lagi untuk regenerasi selanjutnya.

Penanaman Langsung dari Rimpang tanpa Semai

Penanaman Langsung dari Rimpang tanpa Semai

Perawatan Tanaman Kunyit

Untuk perawatannya, apabila tanaman kunyit ini sudah terlihat rimpangnya, maka lakukan penimbunan dengan tanah ataupun lebih bagus menggunakan pupuk kompos/kandang. Penimbunan ini bertujuan agar rimpang kunyit yang dihasilkan bisa tumbuh maksimal. Untuk penimbunan rimpang kunyit jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja yang terpenting tidak terlihat rimpangnya.

Dan untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk NPK. Cara pemupukannya bisa dengan cara ditabur maupun dikocor. Bisa juga menggunakan POC urin dari hewan atau MOL nasi basi.

Pemupukan Kunyit

Pemupukan Kunyit

Untuk pemupukan menggunakan NPK bisa diaplikasikan saat umur satu bulan dan umur tiga bulan. Apabila menggunakan POC urin atau MOL nasi basi maka lakukan pemupukan lebih sering bisa dengan rentang waktu dua minggu sekali.

Penanggulangan Hama

Untuk penanggulangan hama dan penyakit lainnya, sejauh ini tanaman kunyit jarang terserang oleh hama. Tetapi apabila terjadi serangan hama atau kutu bisa disemprot dengan air rendaman tembakau atau disemprot dengan insektisida.

Baik sobat tani, itu saja yang bisa kami ulas tentang bagaimana cara menanam kunyit di polybag ataupun pot dirumah. Semoga bisa dipraktekkan dan tetap semangat bercocok tanam.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Buat POC Air Leri