Sobat tani, tanaman jagung merupakan tanaman yang bisa menjadi alternatif pengganti nasi sejak dulu kala. Selain mempunyai karbohidrat tinggi, jagung juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Nah, tentunya tak asing lagi dengan tanaman jagung manis. Iya, jagung manis ini biasanya dijajakan di pinggir jalan dengan cara mengukusnya dengan berbagai varian topping dan rasa. Sehingga anak kecilpun suka dengan jagung manis ini. Oke, untuk itu kita akan bahas mengenai cara menanam jagung manis sendiri di polybag sehingga bisa ditaruh di halaman rumah. Yuk langsung saja simak cara nya berikut ini.

Jagung Manis

Jagung Manis

Bagi anda yang tidak mempunyai lahan luas, jagung manis ini bisa anda tanam menggunakan pot atau polybag. Didalam melakukan penanaman jagung, sebenarnya caranya cukup mudah. Cara ini bisa anda lakukan/praktekkan sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkanlah bibit jagung. Bibit jagung silakan anda beli di toko pertanian. Bibit jagung ini tersedia dalam kemasan kecil dan besar. Atau kalau tidak mau repot, bisa juga order online melalui online shop seperti shopee atau tokopedia. Perhatikan ketelitian sebelum membeli dan usahakan merek yang sudah terkenal atau pastikan keasliannya.

Benih Jagung

Benih Jagung

2. Siapkanlah media tanam. Buatlah lubang kira-kira 3cm sampai 5cm dan masukanlah bibit jagung manis nya. Setelah itu tutup dengan tanah dan jangan lupa untuk disiram. Biasanya tanaman jagung akan tumbuh sekita 4-5 hari setelah tanam. Dan ini adalah contoh tanaman jagung yang baru tumbuh.

Lubang Tanam

Lubang Tanam

Bila tanaman jagung manis sudah menginjak umur 10 sampai 14 hari lakukanlah pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK 16 16. Anda juga bisa mencampurnya dengan pupuk urea jika ada. Untuk dosis pemupukannya bisa memakai 6 gram per tanaman. Pemupukan selanjutnya dilakukan apabila tanaman menginjak usia 40 hari pasca tanam atau setelah tanaman mengeluarkan kuncup bunga. Untuk pemupukannya sendiri bisa menggunakan NPK mutiara ataupun NPK phonska dan untuk dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 8 gram sampai 10 gram per tanaman.

Pemupukan Jagung Manis

Pemupukan Jagung Manis

Biasanya tanaman jagung bisa dipanen pada usia 70 -80 hari pasca tanam tergantung pada jenis varietas atau bibit benih yang ditanam. Karena setiap jenis bibit / benih berbeda masa panennya. Ciri-ciri jagung yang siap panen adalah seperti berikut:

Jagung Manis Siap Panen

Jagung Manis Siap Panen

Kita bisa lihat gambar diatas jagung manis yang sudah siap panen, yaitu rambut pada jagung sudah agak menghitam dan berkurang.

Dan berikut ini adalah hasil panen jagung manis dari polybag. Anda bisa mengecek dalamnya dengan mengupas cangkang jagung nya, dan seperti ini penampakannya:

Panen Jagung Manis

Panen Jagung Manis

Demikian cara menanam jagung manis di dalam pot / polybag semoga bisa dipraktekkan dan berhasil. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf.

Baca Juga : Pemupukan Jagung Manis