Assalamu’alaikum Wr.Wb. Tanaman obat-obatan keluarga atau TOGA sudah dicanangkan oleh pemerintah sedari dini sebagai upaya untuk menanggulangi berbagai penyakit dan virus dengan memaksimalkan potensi alam sekitar yaitu dari berbagai jenis tanaman obat-obatan yang melimpah di bumi pertiwi ini.

Tanaman daun sirih ini mempunyai manfaat sebagai penghambat bakteri, virus dan jamur. Jadi pada postingan kali ini www.tanamanbuah.com akan mengupas hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanam daun sirih di rumah sebagai antiseptik alami. Yuk langsung saja kita bahas dibawah ini.

Daun Sirih

Daun Sirih

Manfaat daun sirih secara tradisional bisa sebagai penghambat mimisan di hidung dengan menggulung satu daun sirih kemudian dimasukkan ke hidung. Selain itu bisa sebagai pereda gatal-gatal di kulit dengan cara meremas satu helai daun sirih kemudian dioleskan di bagian kulit yang gatal. Atau bagi anda yang suka mandi dengan aromaterapy, bisa dicoba dengan memasukkan beberapa lembar daun sirih ini ke bak mandi anda.

Ciri-ciri daun sirih yang sehat dan subur itu ada tiga.

  1. Yang pertama kita bisa lihat dari daunnya. Daun sirih yang subur memiliki karakteristik yang lebar dan warna hijau pekat.

    Daun Sirih Subur

    Daun Sirih Subur

  2. Kedua, kita bisa lihat dari batangnya. Batang sirih yang subur batangnya keras dan kuat.

    Batang Daun Sirih

    Batang Daun Sirih

  3. Ketiga, kita bisa lihat pucuk daun nya. Daun sirih yang subur mengeluarkan banyak pucuk daun.

    Pucuk Daun Sirih

    Pucuk Daun Sirih

Untuk menumbuhkan daun sirih yang sehat dan subur, kita harus mengenali dua kebutuhan dasar daun sirih yaitu:

  1. Matahari. Tanaman sirih ini suka sekali dengan matahari partial shade. Karena kalau dihabitat aslinya, sirih ini merambat ke pohon-pohon besar. Itu artinya sirih ini butuh naungan agar tidak terkena matahari secara full seharian. Nah, kalau kita mau menanam sirih di rumah, kita harus mengikuti kondisi alami tersebut yaitu menanamnya dibawah naungan. Ingat ya, menanamnya secara partial shade agar terkena sinar matahari pagi saja.
  2. Air. Tanaman sirih ini termasuk jenis tanaman yang lembab, oleh sebab itu kita harus memantau kondisi media tanam agar tidak terlalu kering. Sebaiknya disiram secara rutin.
Penyiraman Tanaman Sirih

Penyiraman Tanaman Sirih

Selain kebutuhan dasar matahari dan air, sirih ini juga membutuhkan ajir / penopang untuk merambat. Nah kalau kita menanam nya di rumah, kita bisa membuat penopangnya dari besi kotak-kotak seperti ini. Sehingga dengan rambatan tersebut bisa untuk menutupi tembok rumah sehingga menimbulkan suasana yang asri.

Ajir Daun Sirih

Ajir Daun Sirih

Itulah beberapa hal yang harus anda pahami sebelum menanam tanaman sirih. Penting untuk menumbuhkan tanaman yang dapat memelihara kesehatan kita dari dalam rumah yang salah satunya adalah daun sirih ini. Untuk itu mari kita galakkan menanam tanaman obat-obatan di pekarangan rumah. Siapapun bisa berkebun!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Buat Media Tanam Sendiri di Rumah