Pada kali ini TanamanBuah mencoba untuk share cara menanam melon dari biji mulai dari persemaian dan pemindahan ke pekarangan. Sebelum memulai proses semai, kita persiapkan dulu nih alat dan bahannya. Pertama siapkan dulu ya alat-alatnya, seperti air panas, zpt (zat pengatur tumbuh), fertilizer swallow, staples, gunting, bibit melon disini saya menggunakan jenis rock melon (daging merah), daun pisang (digunakan untuk mempermudah dalam menanam, bisa diganti dengan polybag atau pot tray).

Cara Semai Melon

Pertama kita buka segel bibit melon yang telah kita beli. Kemudian masukkan benih ke dalam air panas. Jika benih mengapung jangan khawatir kalau tidak bisa tumbuh, karena mengapung atau tidak itu merupakan kekuatan daya tumbuh nya biji tersebut, jadi walaupun mengapung saya kira masih bisa tumbuh cuman memakkan waktu yang agak lama.

Proses Perendaman Biji Melon

Untuk lama merendamnya benih ke dalam air panas, kita tunggu saja sampai air dingin. Setelah proses perendaman kita tiriskan biji nya dan masukkan ke dalam zat pengatur tumbuh / ZPT dan diamkan selama lima menit. Sambil menunggu kita persiapkan dulu media tanamnya. Kali ini kita memakai daun pisang sebagai pengganti polybag. Kita sobek daun pisang dan dibuat melingkar sesuai ukuran yang diinginkan dan jangan lupa di kunci dengan staples. Setelah itu kita rapikan tabung pisang atas dan bawah yang tidak rata. Nah, sekarang saatnya kita isi dengan media di dalam tabung pisang yang kita buat. Agar media tidak berceceran, kita bisa menggenggam pot pisang tadi di tangan kiri sambil menyumbat lubang bawah, sementara tangan kanan mengisi media. Sesudah terisi penuh lalu padatkan dengan menekan dengan telapak tangan.

Pengisian Media Semai Melon

Kita buat media dengan daun pisang sebanyak yang kita perlukan saja (sesuai dengan jumlah biji yang akan kita semai). Untuk fertilizer, saya gunakan merek Swallow, sebagai pengontrol media agar kandungan lebih lengkap. Cukup dengan satu sendok Swallow saya encerkan dengan air dan disiramkan ke medianya. Media ini saya gunakan antara campuran kompos dan kascing agar gembur dan sangat baik untuk penyemaian tanaman buah apapun.

Baca Juga : Cara Mudah Memperbanyak Tanaman

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Kita bisa buat satu titik untuk benih melon dengan menggunakan gunting atau alat apapun. Jangan terlalu dalam, dan jangan terlalu dangkal. Cukup kurang dari setengah sentimeter sebagai tempat biji melon yang akan kita semai. Kita ambil biji melon dan ingat waktu kita menempatkan biji melon ke media usahakan yang ujung runcing menghadap ke media untuk mempermudah keluarnya akar dan tumbuhnya tunas. Setalah menancap biji melonnya, kita bisa tutup dengan media.

Penancapan Biji Melon ke Media

Setelah proses menanam benih melon selesai, nantinya kita tempatkan pot ini di pekarangan atau lahan yang tidak langsung terkena sinar matahari langsung. Bisa menggunakan green house sebagai pelengkapnya. Green house itu tujuannya agar tanaman tidak terkena hujan sehingga bibit tidak rusak. Atau bisa juga menggunakan plastik yang kita sungkup.

Nah, kurang lebih anda bisa mempraktekannya dengan cara diatas, yang saya kira cukup simpel dan mudah untuk dikerjakan walaupun hanya sekedar hobi. Semoga tutorial bagaimana cara semai atau tanam melon ini bermanfaat dan jangan lupa untuk praktek. Jadikan lahan pekarangan mempunyai nilai ekologis ya..