Anthurium kuping gajah adalah tanaman tropis yang bisa menjadi alternatif penghias dan penyejuk ruangan di dalam rumah. Anthurium kuping gajah ini mempunyai banyak jenis antara lain : Magnificum, Dorayaki, Forgetti, Silver, Mangkok, Crystallinum dan masih banyak lagi.

Anthurium kuping gajah termasuk tanaman indoor karena dia bisa tumbuh dengan subur jika diletakkan di tempat yang tembuh. Karakteristik anthurium kuping gajah ini adalah daunya yang bisa melebar seiring dengan pertumbuhannya, disamping itu ada variasi corak daun pada tiap-tiap jenis nya.

anthurium kuping gajah

anthurium kuping gajah

Dari segi estetika, daun kuping gajah ini lebih bagus kalau daunnya itu bisa menjuntai keluar dari pot. Karena daun kuping gajah ini memiliki tekstur seperti kain beludru, maka menjadi cirikhas tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Selain itu, warna daun bisa bertransformasi warna dari yang asalnya ungu menjadi hijau tua seiring dengan pertumbuhan dan usia tanaman.

Perawatan Anthurium Kuping Gajah

Untuk perawatan daun kuping gajah usahakan dijaga kelembapan media tanam. Selain itu lakukan pemupukan secara berkala paling tidak sebulan dua kali. Pemupukan bisa menggunakan pupuk kompos, pupuk daun dan pupuk cair atau POC.

Tanaman anthurium kuping gajah kalau diletakkan di luar ruangan / indoor akan rusak. Contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.

Anthurium Kuping Gajah Kena Panas

Anthurium Kuping Gajah Kena Panas

Karena diletakkan di luar maka otomatis langsung terkena sinar matahari dan hujan sehingga daun akan bolong-bolong dan menguning.

Walaupun tanaman ini termasuk kategori indoor, namun juga perlu asupan sinar matahari langsung pada pagi hari. Jadi bisa dijemur pada pagi hari mulai jam 7 pagi sampai jam 8.

Cara Menanam Kuping Gajah

Untuk memperbanyak tanaman anthurium gajah, bisa dilakukan penyetekan batang. Stek batang bisa dilakukan di media tanam di pot. Setelah satu bulan maka akan muncul tunas baru yang bisa menghasilkan dua hingga tiga daun muda.

tunas baru anthurium kuping gajah

tunas baru anthurium kuping gajah

Usahakan ketika muncul daun baru, jangan sampai menempel di media tanam. Karena kalau menempel maka akan merusak daun itu sendiri. Daun akan mengering pada bagian yang bersentuhan dengan media tanam langsung.

Nah, gampang bukan menanam dan merawat anthurium kuping gajah ini? Semoga tips singkat kali ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan ya. Sampai jumpa di postingan berikutnya..

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari