Assalamualaikum sobat tani sekalian, bagaimana kabarnya semoga sehat dan tetap semangat dalam bercocok tanam. Pada kali ini tanamanbuah.com akan membuat panduan Bagaimana caranya membuat bibit buah naga ya dengan cara stek. Sekaligus Bagaimana cara menyemai bibit buah naga nya. Kebetulan buah naga saya lagi banyak banyaknya ya buahnya belum saya petik.

tanaman buah naga

tanaman buah naga

Oke fokus lagi ke pembuatan bibit ya Jadi ini adalah sulur atau pohon buah naga itu seperti ini ya. Jadi yang dijadikan bibit itu adalah sulur tua yang umurnya sekitar 1 tahun minimal ya atau bisa juga 2 tahun. Nah kalau bisa ke sulur nya sudah pernah berbuah. Kalau bisa pilih sulur yang sudah pernah berbuah yang diambil dari sulur yang sudah pernah berbuah dan dari pohon induk yang buahnya bagus. Jangan diambil dari sulur yang sudah tua, dan juga jangan diambil pada sulur yang masih muda.

Cara Membuat Bibit Buah Naga dengan Metode Stek

Pembibitan Buah Naga

Pembibitan Buah Naga

  • Kemudian caranya, dari sulur ini kita akan potong kira-kira minimal 20 centi. Jadi ini kalau kita hitung mungkin kalau kita ukur dikit itu standar minimal 20 centi pakai meteran 20 centi. Kalau saya biasanya mengirim bibit itu 30 centi. Jadi kita potong sepanjang 30 centi ini ya kita potong 30 cm ini jadi satu Sulur itu bisa menjadi 2 bibit atau 3 bibit.
  • Pada bagian bawah ini bagian bawah itu kita kasih runcing, tujuannya untuk apa? untuk merangsang akar supaya cepat keluar karena akar yang keluar itu nanti dari lidi nya. Misalnya musimnya musim kemarau yang jarang hujan ini sebetulnya bisa langsung kita tanam di lahan di tiang ya atau kita bisa semai di lahan juga berbaris-baris yang ditancapkan.
  • Jadi bibit buah naga ini kalau barusan dipotong, bekas potongannya itu sebetulnya itu kan air. Kalau setelah saya potong ini terkena air hujan biasanya ini nanti akan busuk kena air hujan. Maka yang paling bagus itu kalau mau disemai itu kita biarkan dulu seharian dijemur ya biar supaya kering baru kita semai.

Penanaman dan Perawatan Bibit Buah Naga

Penanaman Bibit Buah Naga di Polybag

Penanaman Bibit Buah Naga di Polybag

Jadi dibiarkan seharian nanti akan kering atau mungkin besok baru kita semuanya telah kita jemur atau kita biarkan di dalam rumah. Untuk menyemai kita bisa menggunakan polybag atau mungkin langsung di lahan juga bisa. Kita menggunakan polybag juga bisa. Biasanya kan kalau anda mau nanam buah naga bibitnya sudah beli tapi tiangnya belum dibuat atau lahan nya belum disiapkan. Siapkan polybag dulu, kemudian isi tanah, selanjutnya kita masukkan stek buah naga dan diisi media. Awas tanaman buah naga ini banyak durinya jadi lebih berhati-hati.

Untuk sementara jangan dulu dikasih air karena masih basah. Kalau masih basah itu nanti kalau kita kocor kena air terlalu banyak nanti busuk. Jadi jangan kocor dulu. Mungkin kalau anda ingin meng kocor setelah seminggu. Setelah satu minggu itu bisa dikocor 2 hari sekali. Nah itu baru nanti akan mempercepat pertumbuhan tunas. Nanti tunasnya akan tumbuh dari mata-mata tunas yaitu pada duri-duri nya.

Kalau misalnya bibit buah naga ini mau ditaruh diluar, supaya tidak terkena air hujan, anda juga bisa menutupnya dengan plastik biar supaya tidak terkena air hujan. Karena kalau belum kering dan terkena air hujan maka ini akan membusuk. Jadi kalau misalnya terpaksanya anda harus meletakkan di luar rumah kemudian masih musim penghujan ini harusnya anda tutup. Tutup dengan plastik atau mungkin di isolasi bisa. Pakai lakban juga bisa yang penting pada atasnya itu jangan sampai terkena air hujan, karena kalau belum kering terkena air hujan nanti bibit buah naga ini akan membusuk.

Nanti kira-kira 1 bulan akan tumbuh tunas-tunas baru sembari anda bisa menyiapkan bahannya. Terima kasih mudah-mudahan bermanfaat ilmu dari saya ini, Salam dari saya di kebun www.tanamabuah.com.