Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo sobat pecinta tanaman hias khususnya Sansevieria atau lidah mertua. Pada postingan kali ini kami akan share bagaimana cara menumbukan anakan/tunas sanseviera (lidah mertua) berikut cara tanamnya. Sebagai contoh, disini kami mempunyai dua anakan yaitu Sanseviera kodok dan yang satunya lagi Golden Hahnii.

Sansevieria Kodok dan Golden Hahnii

Sansevieria Kodok dan Golden Hahnii

Untuk harga sansevieria kodok ini termasuk harganya terjangkau, tapi kalau yang Godlen Hahnii ini agak lumayan sekitar 40 ribuan untuk satu bibitnya. Untuk media tanamnya kita akan menggunakan sekam mentah dicampur dengan tanah dan pupuk organik. Untjuk ukuran potnya bisa menggunakan diameter 12 cm. Maksud menggunakan pot kecil ini agar merangsang sansevieria ini cepat mengeluarkan anakan. Karena dengan pot ukuran kecil, maka akar dari sansevieria tersebut akan cepat memenuhi area pot sehingga akan cepat memunculkan tunas baru.

Media Tanam Sansevieria

Media Tanam Sansevieria

Sebagai contoh, tanaman sansevieria snake plant ini menggunakan pot yang kecil. Sehingga anaknya bisa cepat tumbuh karena sansevieria ini seringkali mencari tempat yang mempet dengan area pot untuk memunculkan tunas baru. Jadi kalau pot nya itu besar maka otomatis dia akan lama karena belum penuh akar di area pot nya.

Tunas Baru Sansevieria SnakePlant

Tunas Baru Sansevieria SnakePlant

Dan berikut cara menanam sansevieria anakan:

  1. Kita siapkan pot dan media yang sudah dijelaskan diatas.
  2. Buka bagian tengah media tanam.
  3. Masukan akar sansevieria ke media tanam.
  4. Setelah akar betul-betul masuk, kemudian ditutup lagi dengan media tanam.

Perawatan Pasca Penanaman Anakan Sansevieria

Satu minggu setelah penanaman akan lebih baik jika tanaman ini diletakkan di tempat yang teduh. Nanti setelah satu minggu, baru dia bisa diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu juga perlu dilakukan pemupukan secara berkala minimal satu bulan sekali.

Oiya satu lagi, setelah kita menanam anakan sansevieria ini, akan lebih baik diberi cover pada media tanam bisa menggunakan sabut kelapa atau coco fiber. Sesudah itu semprot dengan air secukupnya menggunakan spray, dan bersihkan daun dengan tissue dari kotoran media yang menempel.

Cover Media Tanam dengan Pakis

Cover Media Tanam dengan Pakis

Oke, sekian dulu postingan mengenai tanaman sansevieria atau lidah mertua tentang bagaimana cara mempercepat tunas baru dan cara penanamannya. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Tunas Aglaonema