Assalamualaikum Wr. Wb. Halo sobat planters, setelah kemarin kita bahas mengenai bunga peace lily, sekarang kita lanjut ke bunga tropis yang tak kalah menariknya yaitu philodendron jari. Kenapa disebut philodendron jari? Karena bentuk daunnya seperti jari manusia. Untuk philodendron jari ini harganya masih terjangkau di kisaran 50 rb saja.

Media Tanam

Media Tanaman Philodendron

Media Tanaman Philodendron

Media tanam bunga philodendron jari ini membutuhkan media poros, antara lain sekam dan serbuk gergaji karena tanaman ini tidak menyukai media yang terlalu padat. Tujuan dari penambahan media ini adalah agar sewaktu penyiraman air nya langsung merembes ke bawah. Sehingga air tidak terjebak di media tanam yang bisa mengakibatkan akar menjadi busuk.

Repotting

Disarankan jika anda membeli bunga philodendron jari ini, sesampainya di rumah harus di repotting ya. Tujuan dari repotting ini adalah memberikan asupan nutrisi yang lebih ke tanaman dan memberikan ruang untuk akar agar lebih leluasa. Meskipun demikian, ukuran pot juga harus disesuaikan dengan tanaman. Pot yang terlalu besar tidak cocok digunakan untuk postur bunga tanaman yang kecil, begitu pula sebaliknya. Karena ada anggapan bahwa kalau kita menanam tanaman di pot besar maka pertumbuhannya akan bagus, hal itu tidak benar ya teman.

Nah, untuk repotting kali ini saya menggunakan pot seperti berikut ini.

Pot Plastik diameter 20 cm

Pot Plastik diameter 20 cm

Bisa dilihat berikut ini adalah akar yang terbentuk di dalam media serbuk gergaji dan sekam bakar.

Bentuk Perakaran Philodendron

Bentuk Perakaran Philodendron

Karena media tanam nya tidak padat, jadi akar bisa memenuhi seluruh area polybag. Berati memang tanaman philodendron ini cocok dengan media yang gembur dan tidak terlalu padat. Jadi dengan pot yang baru ini, saya tidak akan menambahkan tanah melainkan hanya sekam mentah dan pupuk organik saja.

Penambahan Media Sekam Mentah dan Pupuk

Penambahan Media Sekam Mentah dan Pupuk

Setelah ditambahkan sekam mentah dan pupuk, langkah selanjutnya adalah membersihkan / mengelap daun dengan kapas basah agar bersih dan tidak ada media yang menempel di daun. Bisa juga mengelap batang tanaman dan pinggiran pot.

Berikut penampakan daun yang sudah di lap dengan kapas basah.

Daun Philodendron Sudah di Bersihkan

Daun Philodendron Sudah di Bersihkan

Langkah selanjutnya yaitu menyiram media dengan air secukupnya. Karena medianya cukup poros, jadi ketika disiram air langsung merembes ke bawah pot dan keluar melalui lubang.

Penempatan Tanaman

Untuk penempatan tanaman Philodenron ini cukup diletakkan ditempat yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung. Karena philodendron ini tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari berlebih.

Mudah bukan menanam dan merawat tanaman philodendron ini? Yuk kita praktekkan, mohon maaf apabila ada salah penulisan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Aglaonema