Assalamualaikum Wr. Wb. Halo sobat pecinta tanaman hias, pada postingan kali ini kita akan sharing bagaimana cara menanam dan merawat bunga peace lily agar tumbuh subur dan berbunga. Bunga dengan nama latin Spathiphyllum atau kalau orang Indonesia menyebutnya Sepatu Filum ini memang khas sekali dengan bunga putih bersih dengan putik yang berbintik.

Bunga Peace Lily

Bunga Peace Lily

Bunga asli daerah tropis di Indonesia dan Amerika latin ini memerlukan perlakuan khusus dalam pertumbuhannya. Karena di Indonesia iklim nya sudah tropis, jadi kita hanya mengkondisikan dan menjaganya saja sesuai dengan habitatnya. Oiya, selain indah dipandang, bunga peace lily ini juga mengandung khasiat. Salah-satu nya yaitu mampu menyerap radikal bebas, polusi udara dan racun yang terbawa melalui udara sekitar kita. Jadi sangat cocok sekali untuk ditempatkan di ruangan yang sering untuk merokok, atau bisa juga di taruh di kamar mandi untuk menyerap bau yang tidak sedap.

Media Tanam Bunga Peace Lily

Untuk media nya sendiri, bisa menggunakan media yang berporos. Kita bisa mencampur tanah dengan media yang berporos seperti : Sekam mentah atau daun cemara kering. Untuk kali ini kita akan menggunakan campuran antara tanah, sekam mentah dan pupuk kandang (kohe kambing) yang sudah difermentasi dan dihaluskan.

Media Sekam Mentah

Media Sekam Mentah

Untuk perbandingannya bisa menggunakan 1 bagian tanah, 1 bagian sekam mentah/cemara kering dan setengah bagian pupuk kandang / kohe kambing.

Campuran Media Tanam

Campuran Media Tanam

Cara Menanam Bunga Peace Lily

Untuk menanamnya sendiri cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Masukkan media tanam ke dalam pot yang sudah disediakan.

    Media Dasar Tanah dan Pupuk

    Media Dasar Tanah dan Pupuk

  2. Lapisan pertama kita masukkan tanah setengah bagian, kemudian pupuk kandang, dan yang terakhir masukkan sekam mentah dan sisa dari tanah tadi. Aduk lapisan atas agar tercampur antara tanah dan sekam nya.

    Lapisan Media Atas Memakai Sekam Mentah dan Tanah

    Lapisan Media Atas Memakai Sekam Mentah dan Tanah

  3. Setelah media tanam siap, tinggal kita tanam bunga peace lily ini ke dalam pot. Pastikan semua akar tertanam di dalam tanah seperti berikut ini.

    Pastikan Akar Tertimbun Sempurna di Dalam Media

    Pastikan Akar Tertimbun Sempurna di Dalam Media

  4. Agar daunnya lebih mengkilap, kita bisa mengelapnya dengan kapas yang di basahi air. Selain untuk mengkilapkan, juga membersihkan dari kotoran media yang menempel pada daun.

    Bersihkan Daun Menggunakan Kapas Basah

    Bersihkan Daun Menggunakan Kapas Basah

Perawatan Bunga Peace Lily

Untuk perawatannya sendiri juga tidak sulit. Kita cukup menjaga kelembapannya saja. Jika dirasa media kering, maka kita siram air secukupnya saja. Akan tetapi jika media masih basah, kita tidak perlu menyiramnya lagi. Hal ini dikarenakan batang bunga peace lily rentan akan terjadinya busuk batang jika kelebihan air yang menggenang di media.

Nah, mudah bukan cara menanam dan perawatan bunga Peace Liliy ini ? Semoga postingan pada kali ini bermanfaat dan nantikan sharing berbagai bunga tropis lainnya hanya di blog tanamanbuah.com.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Aglaonema