Buah tomat kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari radikal bebas dan berbagai macam penyakit khususnya penyakit kanker dan jantung. Buah tomat dengan tekstur berair ini juga biasa digunakan sebagai campuran bumbu masak dan olah sambal. Tidak sempurna kalau memasak tanpa buah yang satu ini, apalagi kuliner yang khas Indonesia. Pasti membutuhkan tomat segar sebagai campurannya. Untuk itu daripada beli di pasar, kita juga bisa lho menanam buah tomat ini di pekarangan rumah. Berikut langkah-langkah cara menanam buah tomat mulai dari biji sampai tunas.

Cara Semai Tomat Buah

Pertama, cari bibit buah tomat. Bisa di pasar atau kalau ada tetangga yang punya pohon tomat, kita bisa minta beberapa buah untuk disemai. Biasanya pilih buah tomat yang sudah tua untuk bahan semai ini. Kita siapkan dulu media tanah ke dalam pot, dan jangan lupa untuk membasahi media tanam dengan air sampai benar-benar basah. Lalu siapkan tomat yang akan diambil bijinya. Iris buah tomat menjadi beberapa bagian seperti gambar berikut ini.

Iris Buah Tomat untuk Proses Semai Biji

Setelah diiris, maka taruh tomat tadi ke dalam media kemudian timbun dengan media tanah kira-kira satu senti sampai tidak terlihat. Lanjut siram air sampai basah dan letakan di tempat yang teduh.

Taruh Tomat Yang Sudah Diiris ke Media Tanam

Pemindahan Tanaman Tomat

Setelah tomat berumur sepuluh hari, maka bibit tomat ini mulai tumbuh kira-kira 2-3 cm. Setelah proses persemaian ini maka tanaman tomat harus segera dipindah ke dalam pot yang lebih besar agar tidak terjadi busuk akar. Untuk media tanam, bisa menggunakan campuran tanah, pupuk kandang dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah menyiapkan media, maka siram dengan air dulu medianya.

Buah Tomat umur 10 Hari

Perlu diingat, sebelum pemindahan bibit tomat dari persemaian, lakukan penyiraman merata agar tomat tidak kering dan memudahkan saat kita mencabut untuk proses pemindahan. Kita ambil satu rumpun bagian tanaman, kemudian kita buat lubang di media baru dan kita ambil satu pohon saja tomat tadi untuk dimasukkan ke pot baru. Saat memasukkan bibit tomat, jangan terlalu menekan batang tomat karena akan mengakibatkan batang busuk. Lakukan proses sampai bibit tomat berhasil untuk dipindahkan ke media baru.

Baca Juga: Cara Mengendalikan Hama Menggunakan Pestisida Organik

Demikianlah cara mudah dan simpel untuk menanam buah tomat di pekarangan rumah hanya dengan menyemai biji tomat dan melakukan proses pemindahan. Semoga tips ini membantu anda semua, untuk pencegahan hama dan kutu tanaman buah, anda bisa lihat artikel yang telah ada di website ini.