Halo sobat tani.. Semoga masih semangat dalam berkreasi dibidang pertanian. Oke pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara membuat bunga kertas atau bougenville untuk ditanam dalam pot gantung. Kalau biasanya bougenville di letakkan dalam pot disekitar halaman rumah, itu sudah biasa ya sobat. Tapi kali ini kita akan menggantungnya, sehingga bunga nya nanti kelihatan menjuntai kebawah. Bagaimana cara dan persiapannya ? Yuk kita simak berikut ini.

Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan

  1. Yang pertama tentunya kita siapkan pot. Kita pilih pot dengan ukuran yang tidak terlalu besar karena nanti akan kita ikat dengan tali. Jangan lupa untuk memberi lubang di bagian bawah pot untuk sirkulasi air.

    Pot Untuk Bougenville

    Pot Untuk Bougenville

  2. Media. Komposisi media usahakan menggunakan tanah kompos karena mempunyai bobot yang ringan sehingga tidak membebani tali sewaktu digantung. Selanjutnya ditambah dengan pasir sedikit saja agar media bisa terikat. Kenapa harus ditambah pasir ? karena pasir mempunyai sifat membuat media itu tidak berkumpul sehingga memudahkan air untuk sirkulasi. Akibatnya media yang ada dalam pot terjaga sirkulasi airnya dan tidak becek / menggenang sehingga bobot media tetap ringan.

    Media Tanam Bougenville

    Media Tanam Bougenville

Nah, setelah media diatas siap, kita campur dengan perbandingan 80 persen untuk tanah kompos dan 20 persen pasir.

Pesiapan Pohon Bougenville

Bougenville bisa diambil dari stek akan tetapi harus menunggu dulu selama 3 bulan agar rimbun dan muncul bunga. Nah, untuk mempercepat proses, kita pilih stek yang sudah jadi seperti gambar dibawah ini.

Pemilihan Stek Bougenville

Pemilihan Stek Bougenville

Setelah didapatkan stek bougenville yang tepat, kita tinggal pindah saja dari polybag ke dalam pot gantung yang telah kita siapkan tadi. Satu pot gantung bisa diisi dengan 1-2 pohon bougenville. Pilih bougenville yang mempunyai batang melengkung sehingga kita bisa tata agar kelihatan menjuntai ke bawah seperti gambar dibawah ini.

Menata Bougenville Agar Menjuntai

Menata Bougenville Agar Menjuntai

Setelah tertata rapih, bisa kita tambahkan media secukupnya dan disiram secara merata agar akar dan media baru bisa menyatu dengan cepat. Sebaiknya dalam proses pemindahan dari polybag ke pot dilakukan pada waktu sore hari agar tanaman tidak stress.

Proses Penyiraman Bougenville

Proses Penyiraman Bougenville

Hasil Kreasi Bougenville di Pot Gantung

Nah, setelah beberapa proses kita lalui sekarang hasilnya seperti ini.

Bunga Bougenville di Pot Gantung

Bunga Bougenville di Pot Gantung

Cantik dan menarik bukan ? kita bisa gantung di beberapa sudut halaman. Ingat ya, tali gantungan usahakan menggunakan kawat yang kuat agar tidak putus.

Sekian, selamat berkreasi sendiri, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Baca Juga :