Assalamu’alaikum sobat pecinta tanaman hias dan ragam tanaman buah lainnya, pada kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menanam begonia lokal seperti Begonia Black velvet, Begonia curly catedral atau yang biasa disebut dengan begonia kriwil dan yang ketiga ada begonia imperialis lemaire.

Sebelum kita lanjut mengenai cara tanam dan perawatannya, yuk kita kenali ciri dan karakteristik masing-masing tanaman begonia ini.

  1. Begonia Black Velvet mempunyai ciri utama yaitu warna hjau kehitaman, dan pada daun belakang berwarna merah tua (maroon). Untuk tekstur daunnya sendiri mirip dengan kain bludru. Kemudian untuk batangnya sendiri mengandung banyak air dan ada duri-duri kecil di permukaannya. Untuk memmperbanyak begonia black velvet ini kita bisa memotong bonggol batang dan menanamnya di media baru.

    begonia black velvet

    begonia black velvet

  2. Begonia curly catedral. Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan karena termasuk tanaman yang bandel asalkan media tanam jangan terlalu basah. Semua jenis begonia mempunyai karakteristik daun dan batangnya mengandung banyak air, oleh sebab itu media tanam jangan terlalu basah. Untuk memperbanyak tanaman begonia curly catedral ini bisa dengan stek bonggol batang. Kalau sudah banyak bonggolnya kita bisa repotting ke media yang baru.

    Begonia Kriwil

    Begonia Kriwil

  3. Begonia Imperialis lemaire. Ciri khas dari begonia yang satu ini adalah di corak warnanya yaitu kombinasi antara hijau dan silver. Untuk tekstur daunnya seperti kain bludru akan tetapi agak sedikit kasar. Batang begonia ini juga memiliki bulu-bulu halus.

    Begonia Imperialis Lemaire

    Begonia Imperialis Lemaire

Ketiga jenis tanaman begonia diatas bisa ditempatkan indoor atau outdoor. Akan tetapi kalau di indoor, sesekali perlu diletakkan di luar agar terkena sinar matahari pagi secara langsung. Karena kalau terlalu lama di dalam ruangan alhasil daunya akan pucat. Pucat disini maksudnya corak dan warna daunnya kurang keluar.

Untuk pemupukan, sebaiknya tanaman begonia itu dipupuk menggunakan pupuk organik cair, spray ataupun boleh dengan pupuk organik kompos. Dan harus hati-hati saat menggunakan pupuk NPK warna biru. Karena kalau NPK warna biru terkena tanaman secara langsung itu tanaman akan stress dan membuatnya busuk. Lebih baik kalau menggunakan pupuk NPK warna biru maka ditaruh di media tanam saja jangan sampai mengenai tanaman hias secara langsung.

Walaupun tanaman begonia lokal ini harganya murah, menurut saya bentuk dan warnanya cukup menarik dan mempunyai cirikhas masing-masing.

Untuk harga dipasaran, tanaman begonia kriwil dan black velvet yang sudah rimbun kisaran Rp. 100 ribu per potnya. Cuman kalau dia masih bibit atau anakan itu kira-kira Rp. 30 ribu per pot. Sama juga dengan yang imperialis lemaire kalau sudah rimbun kisaran harga Rp. 100 ribu per pot.

Nah itulah sedikit informasi dan tips mengenai cara menanam begonia lokal beserta ciri fisik dan harga di pasaran. Semoga bermanfaat dan nantikan postingan menarik lainnya hanya di blog tanamanbuah.com

Baca Juga : Cara Memperbanyak Begonia