Kembali lagi di tanamanbuah.com, dalam informasi kali ini saya akan memberikan langkah-langkah bagaimana menanam bayam merah organik di polybag. Jadi keterbatasan lahan bukan halangan kita untuk menanam sayur-sayuran di rumah. Kita ketahui bahwa tanaman bayam adalah salah satu dari sekian sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap.

Khusus untuk bayam merah kita bisa lihat kandungannya sebagai berikut : Vit. A, Vit. B, Vit. C dan Vit. K. Selain ragam vitamin yang terkandung dalam bayam merah, sayuran ini juga memiliki kandungan mineral utama yaitu : Magnesium, Zat Besi, Kalsium, Asam Folat, Potasium dan Sodium. Kita tahu bahwa vitamin dan mineal ini sangat dibutuhkan sekali bagi tubuh kita agar tetap sehat dan menjaga imunitas dari serangan penyakit.

bayam merah

Sayuran Bayam Merah

Jadi sangat banyak sekali manfaat dari sayuran bayam ini apalagi kalau anda konsumsi dalam keadaan segar. Nah, bagaimanakah proses tanamannya dan media yang digunakan? Berikut langkah-langkah nya.

Persiapan Media Tanam

Untuk proses penanaman bayam di polybag, komposisi bahan media nya bisa dilihat dalam artikel sebelumnya yang telah saya ulas untuk detailnya di sini :

baca juga : Cara Membuat Media Tanam Organik Sendiri

Kandungan media yang bisa dipakai adalah tanah humus, pupuk kandang dan sekam bakar. Jadi semua komponen ini harus kita berikan supaya menghasilkan tanah yang subur, tanpa perlu kita lakukan lagi pemupukan secara kimiawi, sehingga kita memiliki tanaman bayam yang segar dan berbahan organik. Langkah selanjutnya kita persiapkan saja proses langkah penananman.

Persiapan Tanam

biji bayam merah

Biji Bayam Merah Siap Tanam

Untuk proses penanaman anda bisa mendapatkan benih bayam merah di toko pertanian terdekat, dengan kisaran harga 10 rb per bungkus. Penanaman sayur bayam di polybag sangat mudah dikerjakan. Tinggal ambil benih bayam dan taburkan secara merata di polybag.

Langkah-Langkah Tanam Bayam Merah

  • Tabur benih bayam diatas media polybag secara merata. Biji bayam ini sangat kecil sekali, usahakan tabur secara merata di atas media dan jangan terlalu padat karena bisa mempengaruhi proses unsur hara dan sinar matahari yang dikonsumsi agar pertumbuhan tidak lambat. Kalau diestimasi untuk satu polybag dengan diameter 30 mm ini mungkin cukup 50 biji saja.
  • Langkah selanjutnya penaburan dengan menggunakan abu sekam / abu pembakaran. Taburkan abu sekam diatas benih yang sudah ditanam dengan tujuan melindungi tanaman bayam kita dari serangan hama, terutama siput. Tujuan lain, yaitu abu sekam memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi sehingga bisa memacu benih untuk cepat tumbuh. Lakukan penaburan secara merata.
  • Siram benih dua kali sehari secara merata. Sehabis disiram kita tabur lagi abu sekam sekali lagi tapi kali ini sedikit saja / tipis-tipis.
bayam merah tabur

Proses Tabur Arang Sekam

Setelah umur satu minggu dari hasil persemaian, maka tanaman bayam sudah mulai keluar tunas semua. Ketika umur dua minggu, maka tunas semakin besar dan untuk masa panen sudah bisa dilakukan 25 hari, dan bertahap 5 hari sekali.

panen bayam merah

Bayam Merah Setelah Satu Minggu dari Penanaman

Baik sahabat pencinta tanaman organik, demikianlah sedikit proses penanaman bayam organik yang bisa dilakukan di pekarangan rumah, dan proses pemanenan bayam ini setelah satu bulan lagi dan proses pemanenan ini tidak perlu anda cabut, cukup memetik pucuk tanaman bayam sehingga proses pertunasan akan kembali lagi.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan, selamat mencoba dan mari kita berdayakan lahan perkarangan rumah kita.