Dalam informasi berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana menanam bawang putih di polybag / pot atau bisa juga di pekarangan rumah. Dalam sistem penanaman ini, benih yang saya peroleh berasal dari pasaran dengan harga yang sangat murah yaitu kisaran 5000 rupiah untuk mendapatkan dua siung bawang putih yang siap tanam. Nah, bagaimana proses langkah-langkahnya dalam menanam bawang putih ini ? Simak tutorial nya berikut ini.

Persiapan Bibit Bawang Putih

benih bawang putih bagus

Pemilihan Benih Bawang Putih

Sebelum menanam pastikan bibit bawang putih yang sudah dibeli di pasar memiliki kriteria berikut ini:

  1. Carilah bibit yang betul-betul mempunyai umbi / siung yang besar, sehingga proses pertumbuhannya nanti menghasilkan bibit yang bagus.
  2. Pilihlah bibit siung bawang putih yang tidak cacat.

Langkah Sebelum Proses Penanaman

benih bawang putih

Pemisahan Siung Bawang Putih

  1. Kita pisahkan siung bawang putih sehingga memperoleh satu siung untuk satu bibit.
  2. Bawang putih kita potong 3/4 pada bagian ujung, dengan tujuan memecah dormansi agar proses pertumbuhan tunas lebih cepat. ( sisa pemotongan bisa digunakan untuk bumbu dapur )
  3. Siung bawang putih kita rendam sedikit menggunakan pupuk hayati agar mempercepat proses perkecambahan dan membuat bawang putih menjadi lembab. Tapi perendaman jangan terlalu lama, kurang lebih 10 menit saja.
  4. Siapkan sebuah nampan yang diisi air ditambahkan pupuk hayati kira-kira 5 ml. Kemudian kita aduk secara merata.
  5. Masukkan siung bawang putih kedalam nampan yang berisi pupuk hayati untuk perendaman.

Persiapan Media Tanam / Persemaian

media tanam bawang putih

Persiapan Media Tanam Bawang Putih

Sambil menunggu perendaman, kita bisa siapkan media persemaiannya menggunakan polybag atau pot dengan media tanah, kompos dan sekam bakar. Kita aduk menjadi satu dan siram dengan air lalu kita simpan 2-3 hari sebelum penanaman.

Setelah kita melakukan perendaman bawang putih tadi ( 10 menit ) kita tiriskan dan simpan dalam nampan selama 2 – 3 hari. Nanti akan tumbuh bulu-bulu / akar di bibit bawang putih.

Penanaman Bawang Putih

  • Kita siap tanam dengan menancapkan benih kedalam media, usahakan permukaan masih muncul di atas tanah.
  • Sesuaikan jarak antar bibit agar tidak terlalu padat.
  • Satu pot / polybag bisa memuat sampai 10 – 20 bibit bawang putih.
  • Simpan di ruangan yang teduh dan jangan terkena sinar matahari langsung sampai tunas tumbuh, baru pindahkan ke ruang terbuka.
persemaian bawang putih

Persemaian Bawang Putih

baca : Membuat Media Tanam Organik

Setelah delapan hari, maka bawang putih mulai tumbuh tunas dengan ketinggian kurang lebih 10 cm. Sekarang bawang putih yang kita semai delapan hari yang lalu, bisa untuk kita pindah ke ruang terbuka agar terkena sinar matahari langsung supaya pertumbuhan bawang putih ini tidak bersifat etiolasi (tumbuh cepat memanjang dalam ruangan yang gelap) sehingga proses pertumbuhan daun lebih maksimal dan kuat.

tunas bawang putih

Tunas Bawang Putih Mulai Tumbuh

Langkah selanjutnya setelah dua minggu bisa kita lakukan pemupukan pertama dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia yang berimbang. Sekarang kita bisa tempatkan bawang putih ke luar agar terkena sinar matahari secara penuh.

Anda bisa mengaplikasikan tips menanam bawang putih ini dengan bawang merah, karena langkah nya sama saja. Silakan anda coba dirumah, jadikan pekarangan anda bermanfaat dan bisa menghasilkan ragam sumber daya alam.