Ada banyak ragam dan varietas jenis anggur, mulai dari lokal sampai import. Anggur lokal yang sudah terdaftar di kementrian pertanian ada sekitar 9 jenis yaitu Kediri, Bali, Probolinggo Biru 81, Isabella, Caroline Black Rose, Jestro Ag86, Maroo Seedless, Red Prince, dan Cardinal. Sedangkan untuk anggur import banyak sekali varietasnya seperti Ninel, Nizina, Favor, Romeo dan masih banyak lagi. Sebenarnya asal muasal anggur dari luar semua karena berasal dari negara yang mempunyai 4 musim. Akan tetapi untuk memudahkan dalam identifikasi varietas, para kolektor anggur menyebutnya dengan anggur lokal dan import.

anggur ninel import

Hasil Tabulampot Anggur Ninel

Kali ini TanamanBuah akan sharing bagaimana cara menanam anggur import varietas Ninel agar cepat tumbuh dan berbuah. Langsung saja, kita akan langsung siapkan pot dan pastikan bawah dan samping pot dikasih lubang untuk sirkulasi air. Pot bisa menggunakan ukuran diameter 50 cm. Sebelum mempersiapkan media tanam, kita harus mempersiapkan dasar media menggunakan komposisi berikut ini.

batu dolomit

Batu Dolomit sumber kalsium alami

  1. Batu bata setebal 8 cm dari bawah pot.
  2. Pasir kasar
  3. Sebongkah kapur dolomit separuh dari jumlah bata.

Silakan untuk dicampur rata pasir dan dolomit untuk ditaruh paling bawah bersama batu bata. Dolomit ini bisa menjadi kalsium alami.

Berikutnya, kita akan memasukkan media tanamnya. Untuk komposisinya terdiri dari :

  • Tanah
  • Sekam Bakar
  • Pasir
  • Kompos

Untuk perbandingan bisa menggunakan 1:1:1:1 jadi tanah satu bagian, sekam satu bagian, pasir satu bagian dan kompos juga satu bagian. Semuanya ditaruh dalam ember atau tempat untuk mencampur. Bagi yang menanam di atas loteng bisa tanpa pasir karena sangat berat bobotnya. Untuk tanah sendiri bisa menggunakan tanah padas karena banyak mengandung kalsium dan magnesium sehingga kita tidak menggunakan dolomit lagi. Tetapi bagi anda yang menggunakan tanah biasa silakan campurkan dolomit. Karena dolomit mengandung kalsium dan magnesium yang dapat menetralkan PH tanah dan menetralisir zat-zat racun. Berikut fungsi dari Kalsium dan Magnesium yang terkandung dalam batu dolomit :

  1. Memperlancar penyerapan nutrisi primer nitrogen, phospat dan kalium (NPK).
  2. Berperan penting untuk membentuk karbohidrat, gula, minyak dan protein sehingga mendapatkan buah yang berkualitas dan manis.
  3. Memperbaiki kegemburan, struktur dan aerasi tanah sekaligus bermanfaat bagi mikrobiologi.
  4. Pembentuk warna daun (klorofil), sehingga tercipta hijau daun yang sempurna.
  5. Mengaktifkan berbagai jenis enzim.

Baca Juga : Cara Membuat EM4 Organik

Setelah media diatas tercampur rata, silakan dimasukkan ke dalam potnya. Untuk bibit anggur yang ukurannya kecil, kita masukkan media hingga hampir memenuhi pot. Berikutnya, kita masukkan bibitnya, pilih bibit yang sambungannya bagus, karena kualitas grafting juga menentukan kualitas pertumbuhan. Kita bisa lapisi sambungannya dengan plastik lagi untuk memperkuat batangnya.

bibit anggur bagus

Bibit Anggur yang Bagus

Sebelum mengeluarkan bibit dari polybag, kita bisa menekan secara perlahan sisi sisi polybag agar media lebih mudah dikeluarkan. Letakkan bibit di pot yang sudah diberi media dan timbun lagi media sampai penuh. Selanjutnya kita siram sampai penuh agar nanti aerasi sampai ke bawah. Setelah menunggu air susut, kita tambahkan lagi airnya sampai ngocor.

Contoh Hasil Tabulampot Anggur

anggur ninel

Hasil Tabulampot Anggur Ninel

Kita bisa lihat pada gambar diatas bahwa anggur import sudah tumbuh dengan lebat dan berbuah. Untuk memperkuat akar, kita bisa menutup media dengan polybag hitam agar perakarannya tumbuh sempurna. Selamat mencoba semoga beruntung, dan yang terpenting selalu semangat dalam bercocok tanam.