Assalamu’alaikum Wr. Wb. Ragam tanaman hias di tanah air pangsa pasarnya semakin meluas, khususnya di masa sekarang ini. Masyarakat yang bekerja dari rumah / work from home, ingin mencari aktifitas agar tidak jenuh. Ada yang mulai beternak ikan, bercocok tanam maupun menggeluti hobby yang dulu sempat tidak ada waktu. Nah, di masa pandemi sekarang ini, harga tanaman hias kian melambung. Khusus di postingan ini, kita akan mengulas tanaman yang tidak kalah ngetrend yaitu Aglaonema Butterfly. Bagaimana sih cara menanamnya ? dan bagaimana juga perawatannya agar tumbuh subur ? mari kita ulas sebagai berikut.

Aglaonema Butterfly

Aglaonema Butterfly

Tanaman Aglaonema Butterfly ini sekarang sedang hits, dengan karakteristik daun bercorak warna hijau kombinasi pink di bagian tulang daun, dan warna pink di bagian batang. Normalnya, tanaman Aglaonema ini dalam tiap bulannya bisa mengeluarkan daun baru. Jadi relatif cepat kalau ingin budidaya tanaman ini. Dan, Aglaonema ini membutuhkan media yang khusus yaitu media yang berporos dan tidak padat. Oleh karena itu, kita perlu mengkondisikan tanaman ini agar cepat serapan air nya ketika menyiram. Faktor lain adalah pot dengan sistem airasi yang lancar. Biasanya pot dengan banyak lubang bagian bawah sangat wajib diperlukan untuk tanaman ini.

Cara Menanam Aglaonema di Pot

Pilihlah pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan postur Aglaonema. Pastikan lubang bawah pot tersebut berlubang sempurna, dan tambahkanlah beberapa lubang seperti gambar berikut.

Penambahan Lubang di Pot

Penambahan Lubang di Pot

Penambahan lubang untuk peresapan air ini sangat penting untuk tanaman Aglaonema. Karena Aglaonema sangat suka dengan media yang lembab bukan basah. Sehingga faktor porositas media / peresapan air harus betul-betul diperhatikan.

Tambahkan kerikil atau styrofoam di dasar pot, sehingga bagian bawah tidak langsung terkena media. Sehingga air bisa langsung mengalir dan tidak menggenang di media. Selain itu, dengan sedikitnya media yang dibutuhkan oleh Aglaonema, bisa meminimalisir akar busuk.

Penambahan Kerikil di Dasar Pot

Penambahan Kerikil di Dasar Pot

Sesudah itu, kita siapkan tanaman Aglaonema untuk di taruh di pot. Dalam pemindahan ke pot baru usahakan akar jangan sampai putus. Untuk calon tunas baru jangan sampai terkubur oleh media.

Media Aglaonema

Media Aglaonema

Tambahkanlah media tanam bisa berupa sekam mentah dicampur dengan tanah kebun dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 sekam mentah ditambah 1 tanah kebun dan 1 pupuk kandang. Untuk detail pembuatan media aglaonema nanti insya Allah saya akan jelaskan di postingan berikutnya.

Perawatan Aglaonema

Untuk perawatannya pasca tanam, bisa dengan membersihkan daun dari kotoran media tanam yang menempel dengan kapas basah. Karena media tanam yang menempel di daun bisa mengakibatkan daun kuning akibat jamur.

Membersihkan Daun Aglaonema

Membersihkan Daun Aglaonema

Untuk penempatannya, bisa ditaruh di indoor karena tanaman Aglaonema ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung. Serta pastikan ruangan tersebut lancar sirkulasi udaranya. Dan setiap seminggu sekali, bisa dijemur di bawah matahari pagi secara langsung kurang lebih 30 menit agar fotosintetis bisa lebih sempurna. Intinya, jangan terlalu lama kalau menjemur Aglaonema ini secara langsung, takutnya daunnya akan menguning.

Aglaonema Sehat dan Tumbuh Subur

Aglaonema Sehat dan Tumbuh Subur

Untuk penyiraman tanaman Aglaonema ini juga sangat mudah, cukup siramkan air kalau dirasa media kering. Jadi tidak ada patokan pasti sehari harus berapa kali. Penyiraman air ini untuk menjaga agar media tetap lembab.

Mudah bukan ? Yuk kita praktekan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk pantau terus blog ini ya, karena di postingan selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara buat media tanam nya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Membuat Media Adenium