buah delima

Buah Delima Dengan Pemupukan Yang Bagus

Musim Pemupukan

Halo sobat tani, di artikel ini TanamanBuah akan mengulas bagaimana cara untuk memupuk tanaman buah secara efektif dan efisien agar mendapatkan hasil yang bagus dan tahan di segala musim. Hal pertama yang harus kita tahu adalah musim. Buah-buahan akan menghasilkan rasa manis maksimal apabila kita memupuknya di akhir musim hujan. Kenapa ? karena di akhir musim hujan ini kita melakukan program pembuahan dengan harapan nanti berbuah dan panennya nanti di musim panas. Buah apapun itu seperti delima, belimbing, jeruk manis, tin, jambu, kelapa, durian dan lain sebagainya akan lebih manis di musim kemarau atau musim panas. Kecuali lemon dan jeruk nipis karena dua buah itu di musim apapun tetap asam.

Baca Juga : Cara Pemupukan Pada Tabulampot

Teknis Pemupukan

Yang kedua adalah teknis. Pada poin teknis ini kita akan memperhatikan kondisi tanaman. Tujuan pemupukan ada beberapa macam. Diantaranya adalah untuk pertumbuhan dan pembuahan. Kalau kita program kan untuk pembuahan sebaiknya saat tidak ada bermunculan tunas baru. Jika ada tunas baru, nanti penyerapannya akan ke tunas ini bukan ke buah nya. Selanjutnya kita cek kondisi akar. Jika perkembangan akar muda, berarti baik untuk program pembuahan. Sebaiknya kita bisa membedakan akar muda dan tua. Bagaimana jika di akhir musim penghujan atau awal kemarau ternyata banyak bermunculan tunas baru ? Kita bisa lanjutkan program pembuahan tapi hasilnya kurang maksimal. Dan untuk mendekati maksimal, kita bisa membuang tunas air nya.

buah lemon

Buah Lemon Hasil Pemupukan Yang Benar

Pemupukan Tabulampot

Untuk tanaman dalam pot, kita cukup menaburkan pupuk secara merata. Sedangkan untuk tanaman dewasa yang sudah berukuran besar, kita bisa membuat lubang dengan linggis sedalam 20 sampai 30 cm ke bawah. Dan kemudian membenamkan pupuk NPK ke dalam tanah. Dosis untuk tanaman dewasa bisa satu kilogram per pohon. Sebaiknya dalam satu pohon dewasa kita buat empat lubang dengan jarak 50 samapi 100 cm dari pokok tanaman. Jadi hitungannya 250 gram per lubang. Setelah dibenamkan, kita timbun dengan tanah. Hal ini berguna untuk deposito atau tabungan pupuk. Dan setelah ini kita taburkan kotoran unggas seperti ayam, burung puyuh, itik dan unggas lain. Alasan menggunakan kotoran unggas adalah karena kotoran unggas mengandung banyak unsur kalium sehingga bisa bikin buah-buahan menjadi manis. Jika disekitar kebun anda banyak ayam berkeliaran, sebaiknya anda memasang penghalang ayam seperti gambar dibawah ini untuk melindungi pupuk dari cakar-cakaran ayam.

penghalang ayam

Penghalang Ayam

Pasca Pemupukan

bunga pada batang

Bunga Sedang Bermunculan Pada Batang Tanaman

Setelah dipupuk tanaman tidak akan langsung berbuah dalam tiga atau tujuh hari, tapi membutuhkan setidaknya satu bulan, dua bulan dan lebih. Saat bunga bermunculan pada batang seperti gambar diatas, anda harus membersihkan tunas air yang tumbuh. Ingat jangan salah pangkas dan sortir antara tunas air dengan bakal bunga. Perhatikan gambar dibawah ini.

bakal bunga

Penampakan Bakal Bunga

Tunas Air

Penampakan Tunas Air

Karakteristik bakal bunga ada warna agak kemerahan. Kita harus telaten untuk ambil tunas air satu persatu. Beginilah perlakuan setelah pemupukan. Untuk daun yang berada di ujung daun tua kita biarkan karena nanti daun yang tua akan habis dan berganti daun yang muda. Khusus yang di pucuk daun ya bukan tunas air. Baik pecinta buah, selamat mencoba dan dipraktekkan untuk tanaman buah nya semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk bercocok tanam.