Assalamu’alaikum Wr. Wb. Masih seputar Adenium, kali ini kita akan membahas mengenai pertumbuhan adenium. Ingin melihat tanaman Adenium tumbuh cepat besar dan gemuk apalagi dalam waktu yang relatif singkat merupakan impian setiap penghobi. Tetapi tahukah Anda untuk mewujudkan Adenium dengan kriteria tersebut banyak hal yang perlu diperhatikan. Dan banyak hal yang perlu kita lakukan dan entah berapa tips atau trik yang telah kita coba untuk mewujudkan nya.

Pertumbuhan Adenium

Pertumbuhan Adenium

Jika ada yang menyebutkan repotting akan membuat tanaman Adenium tumbuh cepat besar dan gemuk adalah hal yang bisa dibenarkan. Karena dengan melakukan repotting yaitu mengganti media lama dengan media tanam yang baru serta menggunakan wadah yang lebih besar maka akar akan lebih leluasa dalam berkembang dan tercukupi nutrisi yang dibutuhkannya.

Akan tetapi repotting atau penggantian wadah serta media tanam yang baru hanya merupakan salah satu bagian dari beberapa faktor untuk menghasilkan Adenium dengan kriteria tersebut. Dan dari ulasan tersebut blog tanamanbuah.com akan menunjukkan salah satu tips atau cara untuk membuat Adenium tumbuh besar dan gemuk dimulai dari semai biji.

Berikut ini adalah hasilnya agar kita bisa membandingkannya serta beberapa faktor yang menunjang agar Adenium tumbuh cepat besar dan gemuk. Oke, silakan membaca tips berikut ini dan semoga bermanfaat.

  1. Siapkan benih adenium.

    Benih Adenium

    Benih Adenium

  2. Air bersih dan Vit B1 untuk perendaman.

    Vit B1 dan Air Segelas

    Vit B1 dan Air Segelas

  3. Rendam benih selama 15 menit.

    Perendaman Benih Adenium

    Perendaman Benih Adenium

  4. Siapkan Media : sekam bakar dan pasir malang dengan perbandingan 2:1 dan spray.

    Media Semai Biji Adenium

    Media Semai Biji Adenium

  5. Pada kali ini kita akan menguji coba dengan dua cara. Yaitu satu kita tanam secara kelompok, yang satunya kita tanam satuan. Sehingga kita bisa tau pertumbuhan adenium yang paling cepat.

    Penanaman Benih Adenium

    Penanaman Benih Adenium

  6. Tutup kembali dengan pasir malang, lalu spray tipis-tipis dan sungkup dengan plastik.

    Spray Media Tanam

    Spray Media Tanam

Setelah beberapa minggu kita bisa lihat hasilnya sebagai berikut:

Walaupun berasal dari indukan yang sama, media yang digunakan dengan komposisi yang sama, serta perlakuan juga sama pula, hasil tetap berbeda-beda. Dan dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa jika ingin Adenium tumbuh cepat besar dan gemuk, maka disarankan sejak semai biji ditanam secara satu persatu menggunakan satu wadah.

Jika ditanam secara berkelompok, artinya 1 wadah dengan banyak benih, yang terjadi adalah persaingan atau kompetisi baik dalam mencari nutrisi, sinar matahari serta akar yang kurang leluasa dalam berkembang. Serta jarak yang saling berdekatan membuat kelembaban menjadi lebih tinggi sehingga rawan terjadinya serangan hama atau penyakit misalnya jamur. Dan hal-hal tersebut yang bisa menghambat pertumbuhannya.

Hasil Pertumbuhan Adenium

Hasil Pertumbuhan Adenium

Selain itu, kualitas biji bisa menjadi faktor penentu berikutnya. Terlihat di sini walaupun sudah disemai secara terpisah pertumbuhan Adenium yang berasal dari biji kurang bagus kualitasnya tetap tertinggal dari yang lain walaupun berasal dari indukan yang sama.

Repotting bisa menjadi faktor berikutnya terhambatnya proses pertumbuhan karena letak dan posisinya biji yang disemai secara berkelompok dalam satu wadah, saat dipindah dan dipisahkan resiko akar yang rusak ataupun patah cukup besar. Serta minimnya media awal yang tersisa ataupun media yang berantakan membuat proses adaptasi memerlukan waktu yang lebih lama karena energi yang harusnya buat pertumbuhan dialihfungsikan untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Hasil Repotting Adenium

Hasil Repotting Adenium

Faktor berikutnya adalah jenis adenium yang kita miliki. Karena hal tersebut sangat erat kaitanya dengan pertumbuhan serta akan mempengaruhi bentuknya. Terutama bonggol, batang serta jumlah percabangannya. Jadi selain hal-hal yang sudah disebutkan mulai dari cara semai, kualitas biji, jenis Adenium yang kita miliki, perawatan rutin dan berkala juga penting diperhatikan dan dilakukan. Misalnya penyiraman, intensitas sinar matahari yang diberikan, pencegahan dan pengendalian hama atau penyakit, repotting, kebersihan tempat, media tanam yang digunakan serta yang sering kita lupakan yaitu pruning daun.

Karena salah satu manfaat pruning daun yaitu membuat Adenium membesar terutama pada bagian bonggol serta batang. Oke Cukup sekian postingan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktekkan. Jangan lupa untuk bookmark halaman ini dan simpan alamat blog www.tanamanbuah.com agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar tanaman hias dan buah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Perawatan Adenium di Musim Hujan