Assalamualaikum Wr. Wb. Asam jawa terutama dari biji memang terkenal lama pertumbuhannya. Apalagi jika ditanam menggunakan wadah karena segala sesuatunya menjadi terbatas. Oleh karena itu pada postingan hari ini, kami akan berbagi tips singkat bagaimana cara mempercepat pertumbuhan batang bahan bonsai asam jawa khususnya kita yang menanamnya menggunakan wadah serta memiliki keterbatasan lahan.

Cara Perbesar Batang Asam Jawa

Sayat Polybag bagian bawah

Sayat Polybag bagian bawah

  1. Adapun untuk caranya seperti yang sedang ditunjukkan pada gambar diatas yaitu kita sayat pada bagian bawah menggunakan pisau ataupun cutter dan sebaiknya hal tersebut dilakukan setelah repotting atau penggantian wadah.

    Penambahan media di samping dan bawah polybag

    Penambahan media di samping dan bawah polybag

  2. Setelah itu tambahkan media dibawah serta samping polybag yang berfungsi sebagai media tambahan. Dan jangan lupa beri jarak antara polybag yang satu dengan polybag yang lain agar sinar matahari yang diterima lebih maksimal dan sirkulasi udara lebih lancar sehingga kelembaban yang terlalu tinggi bisa kita hindari.
  3. Sedangkan penggunaan polybag disini dengan alasan yaitu lebih elastis dan lentur berbeda jika menggunakan wadah lainnya misalnya pot. Sehingga akar lebih leluasa dalam bergerak dan berkembang.
Bonsai Asam Jawa

Bonsai Asam Jawa

Dengan cara seperti ini, ketika unsur hara yang ada pada media di dalam polybag mulai menipis ataupun berkurang, maka akar yang terus tumbuh secara alami akan mencari alternatif penggantinya. Dan dengan adanya lubang serta media tanam tambahan di bawah serta samping polybag tersebut akan memudahkan bagi akar untuk terus tumbuh dan berkembang sehingga pertumbuhannya akan tetap terus berlangsung.

Baik sobat tani, cukup sekian tips singkat pada postingan kali ini mengenai cara menumbuhkan dan membesarkan batang asam jawa. Semoga bisa menjadi solusi bagi yang ingin belajar bonsai khususnya tanaman asam jawa ini. Tetap semangat berkebun dan jangan jadikan alasan untuk tidak berkreasi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Memilih Bahan Bonsai Bougenville