Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam semangat para penghobi tanaman hias khususnya aglaonema. Pada postingan hari ini, kita akan membahas mengenai perbanyakan tunas pada aglaonema dengan cara yang mudah tanpa cacah atau potong. Dengan cara tersebut diharapkan tidak menyakiti tanaman aglaonema sehingga terjadinya kegagalan tumbuh bisa diminimalisir.

Tunas Baru Aglaonema

Tunas Baru Aglaonema

Sebenarnya cara ini sudah turun temurun dipraktekkan orang tua kita dulu dan bisa juga diterapkan untuk tanaman hias yang lain. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perbanyak tunas juga bisa didapat di sekitar sehingga bisa menekan biaya. Untuk pemula yang baru menekuni tanaman hias, maka trik ini cocok untuk praktekkan. Penasaran kan bahan apa saja itu ? Yuk kita simak tutorial nya berikut ini.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah micin atau vetsin. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Kita siapkan tanaman aglaonema yang akan di diperbanyak tunasnya.

    aglaonema kochin

    aglaonema kochin

  2. Keruk media tanam di sekitar aglaonema secara melingkar untuk dimasukkan vetsin.

    Keruk Media Aglaonema

    Keruk Media Aglaonema

  3. Masukkan micin atau vetsin di mengikuti kerukkan yang melingkar dan jangan lupa untuk ditimbun lagi dengan media.

    Menaburkan Vetsin di Media

    Menaburkan Vetsin di Media

  4. Semprot menggunakan sprayer dengan air biasa sampai membasahi media tanam.

    Penyemprotan Media Aglaonema

    Penyemprotan Media Aglaonema

  5. Selesai, dan jangan lupa untuk selalu cek kelembapan media. Sekiranya sudah kering bisa disemprot lagi. Setelah 14 hari biasanya akan tumbuh tunas baru.

Mudah bukan cara memperbanyak tunas aglaonema tanpa potong menggunakan vetsin/micin ini? Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mensyukuri apa yang ada. Demikian tips sederhana dan mohon maaf apabila ada salah-salah ketik di postingan kali ini. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Membuat Media Tanam Aglaonema