Assalamu’alaikum.. halo sobat para pecinta tanaman buah, adenium dan tanaman hias lainnya, pada postingan kali ini kita akan menunjukkan salah satu cara untuk memperbanyak EM4 pertanian atau efektif mikroorganisme 4 menggunakan bahan dasar kulit nanas, gula merah dan air bersih.

Produk EM4 pertanian adalah cairan emulsion berwarna kecoklatan, berbau sedikit agak segar bila tercium dan mengandung berbagai macam mikroorganisme yang menguntungkan yang bersifat dorman atau tertidur yang bisa digunakan sebagai pengurai, misalnya dalam pembuatan kompos agar lebih cepat atau dalam pembuatan POC atau pupuk organik cair dan lain-lain. Sedangkan kulit nanas selama ini hanya dianggap sebagai limbah atau sampah dan biasanya dibuang begitu saja sehingga tentunya akan berdampak terhadap lingkungan.

EM4 Pertanian

EM4 Pertanian

Tujuannya adalah memanfaatkan sesuatu yang dianggap tidak berguna menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dengan biaya yang murah sehingga bisa memangkas biaya pengeluaran dalam berkebun ataupun dalam bidang pertanian dengan cara melipatgandakan mikroorganisme yang terdapat pada produk EM4 tersebut. Bagaimanakan proses memperbanyak EM4 dengan kulit nanas ? Yuk mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Sedikit membahas tentang produk EM4 ini bahwa warna pada kemasan menunjukkan peruntukan dan fungsinya. Karena dalam dunia pertanian, perikanan dan rumah tangga produksi EM4 yang digunakan memiliki fungsi dan warna kemasan yang berbeda. Mengapa menggunakan kulit nanas bukan buahnya ? Alasan yang pertama tentunya sayang kalau kita menggunakan daging nanasnya. Yang ke-2 kulit nanas lebih murah bahkan gratis. Alasan berikutnya yaitu lebih mudah didapatkan karena jika dikalkulasi harga buah nanas yang akan kita gunakan kurang lebih hampir setara dengan harga produk EM4 itu sendiri. Jadi lebih baik buahnya kita konsumsi saja karena banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sedangkan fungsi kulit nanas disini sebagai penambah kualitas dari EM4 yang akan kita perbanyak. Pada buah nanas pada umumnya terdapat bakteri penyubur bagi tanaman. Tips untuk mendapatkan kulit nanas murah dan bahkan gratis yaitu dengan mendatangi toko buah terdekat, pasar-pasar tradisional, ataupun tukang penjual buah nanas yang berada di pinggir-pinggir jalan.

Berikut langkah-langkah memperbanyak EM4

  1. Sebagai langkah pertama yaitu kita pisahkan atau sortir kulit nanas yang telah kita kumpulkan atau kita dapatkan dengan daun nanas dan benda-benda asing lainnya. Namun lakukanlah secara hati-hati mengingat durinya yang tajam.

    Pensortiran Kulit Nanas

    Pensortiran Kulit Nanas

  2. Setelah kita sortir langkah berikutnya yaitu kita potong kulit nanas tersebut ataupun buah nanas yang kemungkinan masih tersisa sehingga berukuran lebih kecil dengan tujuan untuk mempercepat prosesnya.

    Potong Kulit Nanas Kecil Kecil

    Potong Kulit Nanas Kecil Kecil

  3. Untuk langkah berikutnya yaitu siapkan air bersih yang berasal dari air sumur atau air tanah secukupnya dan gula merah atau molase sebanyak 250 gram yang berfungsi sebagai nutrisi bagi mikroorganisme pada EM4 tersebut. Namun sebelumnya potong-potong gula merah tersebut agar mudah larut di dalam air dan aduk hingga merata.

    Air Bersih dan Gula Merah

    Air Bersih dan Gula Merah

  4. Langkah berikutnya yaitu masukkan EM4 sebanyak 500 ml aduk kembali dan diamkan selama beberapa saat agar mikroorganisme yang ada mulai aktif.

    Tuangkan EM4 500ml

    Tuangkan EM4 500ml

  5. Siapkanlah wadah atau ember dengan kapasitas 25 kg dan masukkan kulit nanas tersebut sebanyak kurang lebih 2 hingga 3 kg. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dan tambahkan air bersih sebanyak 15 liter. Isi wadah atau ember tidak terlalu penuh. Sisakan sedikit ruang untuk menampung gas yang akan timbul selama proses tersebut berlangsung dan aduk kembali agar semua bahan tercampur merata.

    Masukkan Kulit Nanas ke dalam Wadah

    Masukkan Kulit Nanas ke dalam Wadah

  6. Beri selang pada tutup wadah atau ember tersebut untuk mengeluarkan gas yang akan timbul dan letakkan salah satu ujung selang tersebut pada dasar botol bekas air mineral yang kita isi sedikit air. Tutup rapat wadah atau ember tersebut agar tidak ada lalat ataupun binatang lainnya yang bisa masuk ke dalamnya sehingga aman dari belatung ataupun kontaminasi dari luar.

    Tutup Wadah diberi Selang

    Tutup Wadah diberi Selang

  7. Selama prosesnya letakkan wadah atau ember tersebut pada tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung dengan suhu ruang yang stabil dan selama prosesnya pula pada 5 hari pertama buka penutupnya untuk membuang gas yang kemungkinan masih tersisa di dalam wadah dan aduk kembali agar larutan gula atau molase benar-benar merata.
  8. Karena kulit nanas tersebut tanpa dihaluskan atau diblender terlebih dahulu maka kulit nanas tersebut perlu kita peras agar semua sarinya benar-benar keluar. Dan alasan tanpa dihaluskan atau diblender terlebih dahulu tentunya kembali ke tujuan awal yaitu untuk penghematan. Dalam hal ini yaitu untuk menghemat biaya listrik.
    Pemerasan Kulit Nanas

    Pemerasan Kulit Nanas

    Dan setelah melakukan hal tersebut tutup kembali dengan rapat dan lakukan hal yang sama pada beberapa hari berikutnya. Setelah kurang lebih dua mingguan maka perbanyakan EM4 tersebut sudah siap untuk kita gunakan. Memerlukan sedikit waktu lebih lama dikarenakan kulit nanas tersebut tanpa dihaluskan atau diblender terlebih dahulu.

    Untuk ciri-ciri perbanyakan EM4 yang berhasil yaitu ketika tutup wadah tersebut kita buka aroma yang tercium pertama kali yaitu aroma tape namun masih didominasi oleh aroma buah nanas dan tak ada lagi gas yang timbul ataupun keluar.

  9. Sebelum kita gunakan atau kita simpan sebaiknya kita saring atau sedot terlebih dahulu menggunakan selang agar tak ada sisa sisa endapan yang ikut terbawa dan sekaligus untuk memisahkan sisa-sisa dari kulit nanas tersebut.

    Proses Penyaringan

    Proses Penyaringan

  10. Setelah kita saring dan tampung dalam wadah, maka tutup wadah atau jerigen tersebut dengan rapat dengan menyisakan sedikit ruang untuk mengantisipasi adanya gas yang kemungkinan masih timbul selama EM4 tersebut belum digunakan atau dalam tempat penyimpanan dan beri label dengan menuliskan tanggal pembuatan jika diperlukan.

    Tampung dalam Jerigen dan diberi Label

    Tampung dalam Jerigen dan diberi Label

Untuk sisa dari proses tersebut bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan kompos. Jadi dari 500 mili atau setengah liter produk EM4, kulit nanas kurang lebih 2 hingga 3 kg, gula sebanyak 250 gram dan air bersih sebanyak 15 liter kita sudah memiliki larutan EM4 sebanyak kurang lebih 16 hingga 20 liter dengan kualitas yang hampir sama dan tentunya bisa menghemat biaya.

Untuk penyimpanan dalam waktu yang lebih lama sebaiknya hasil perbanyakan EM4 tersebut kita tambahkan kembali larutan gula merah atau molase dan bisa bertahan hingga 1 tahun.

Oke cukup sekian postingan kali ini. Ingat jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi. Semoga bermanfaat dan berguna. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Buat EM4 Sendiri