Assalamualaikum Wr. Wb. Halo sahabat tanamanbuah.com pada kesempatan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara memaksa adenium untuk tumbuh cabang banyak sejak dini. Adenium yang memiliki banyak cabang tentu memiliki kesan tersendiri bagi pemiliknya atau siapapun yang melihatnya.

Selain penampilannya yang indah dan menarik, dengan banyaknya cabang, bunga yang dihasilkannya juga akan lebih banyak. Apalagi ditunjang dengan bentuk bonggol dan akar, maka penampilannya akan semakin mempesona.

Faktor Yang Mempengaruhi Percabangan

Adapun hal-hal yang mempengaruhi Adenium tersebut memiliki banyak cabang atau tidak dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu hal yang paling mendasar adalah jenis dan karakter, kesehatan dan kesuburannya dan yang terakhir adalah perawatan serta perlakuannya dan lain-lain.

Sebagai contoh, misalnya Adenium dari jenis arabicum rata-rata memiliki percabangan yang aktif. Artinya tanpa perlakuan khusus, Adenium dari jenis tersebut mampu bercabang dengan sendirinya. Berbeda dengan Adenium dari jenis obesum yang rata-rata pertumbuhan nya cenderung lancir dan akan bercabang atau tidak setelah mencapai usia tertentu tergantung kesehatan, kesuburan, perlakuan serta perawatannya masing-masing.

Adenium Arabicum (kiri) Obesum (kanan)

Adenium Arabicum (kiri) Obesum (kanan)

Dari ulasan tersebut maka pada postingan kali ini akan menunjukkan cara memaksa Adenium bercabang sejak usia dini pada Adenium dari jenis obesum. Bagaimanakah cara dan apa saja yang perlu diperhatikan ? Dan bagaimana hasilnya ? yuk mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Langkah Memperbanyak Cabang Adenium

Untuk mengawalinya, kita siapkan bahan utamanya yaitu bibit adenium dari jenis obesum dengan usia minimal 3 bulan keatas. Atau setidaknya sudah tumbuh daun minimal 12 lembar, sehat tanpa terlihat gejala serangan hama atau penyakit dan subur ditandai dengan pucuk daun tumbuh secara aktif dan mengkilap, batang atau bonggol berwarna hijau cerah dan keras atau tidak lembek.

Untuk memastikan bibit adenium tersebut dalam keadaan subur artinya tercukupi kebutuhan nutrisinya bisa dilakukan pemupukan baik secara organik atau kimia dengan dosis rendah yaitu minimal kurang lebih dua hingga tiga minggu sebelumnya. Atau bisa juga dilakukan repoting yaitu penggantian media dan wadah kurang lebih 1 bulan sebelumnya. Oleh karena itu, biasanya untuk memperbanyak atau memaksa Adenium bercabang sejak usia dini dilakukan pasca repoting pertama.

Sedangkan untuk memaksa atau memperbanyak cabang pada Adenium sejak usia dini, setidaknya sudah ada tiga cara yang direkomendasikan. Yang pertama yaitu dengan soft pruning, yaitu dengan memotong tiga hingga empat helai daun teratas. Kelebihannya yaitu hasilnya akan tampak lebih alami, karena pemotongan hanya dilakukan pada daun teratas pada bibit adenium tersebut.

Soft Pruning

Soft Pruning

Cara yang kedua, yaitu hard pruning, yaitu dengan memotong batang atau tunas dimana 3 hingga 4 helai daun tersebut tumbuh. Dan kekurangannya yaitu akan meninggalkan bekas pemotongan pada bagian atas pada bibit adenium tersebut.

Hard Pruning

Hard Pruning

Setelah kedua cara tersebut, maka pada postingan kali ini akan menunjukan cara ketiga untuk memaksa Adenium bercabang sejak usia dini. Dan berikut ini adalah tips dan langkah-langkah yang harus kita lakukan.

Cara Alternatif Memperbanyak Cabang Adenium

Untuk cara yang ketiga, yaitu dengan menyayat atau melukai sedikit di atas mata tunas di mana cabang yang kita ingin tumbuhkan pada bibit adenium tersebut. Dan sebaiknya lakukan secara melingkar di tiap-tiap mata tunas pada area tersebut sebanyak 2 hingga 3 tingkat seperti yang akan dicontohkan berikut ini.

Sayatan diatas Mata Tunas

Sayatan diatas Mata Tunas

Tujuan dari penyayatan tersebut yaitu untuk memutus aliran nutrisi dari bagian bawah sehingga tidak langsung menuju ke bagian atas atau istilahnya kita hambat. Sehingga energi yang ada akan mendorong mata tunas tersebut sebagai calon cabang baru di area yang kita inginkan.

Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan sebaiknya penyayatan dilakukan pada tiap-tiap mata Tunas di area tersebut secara melingkar sebanyak 2 hingga 3 tingkat dengan tujuan agar nutrisi benar-benar terfokus untuk pendorong tumbuhnya mata tunas sebagai calon cabang baru pada bibit adenium tersebut.

Perlakuan Pasca Perbanyakan Cabang Adenium

Untuk perlakuan pasca proses tersebut, yaitu segera jemur di bawah sinar matahari secara langsung minimal 6 hingga 8 jam perhari agar getah dan luka segera mengering. Hindari penyiraman dan air langsung mengenai luka bekas sayatan. Setelah tunas baru mulai muncul, setiap beberapa hari sekali putar-putar Adenium tersebut ke arah datangnya sinar matahari pagi agar calon cabang bisa tumbuh seimbang.

Hasil Penyayatan Sudah Muncul Batang Baru

Hasil Penyayatan Sudah Muncul Batang Baru

Dari ke-3 cara yang sudah ditunjukkan kita bisa aplikasikan secara terpisah atau jika ingin hasil yang lebih maksimal seperti ini artinya tunas baru sebagai calon cabang tumbuh tidak hanya di area yang kita inginkan saja, tetapi pada bagian atas juga. Maka kita bisa gabungkan cara ketiga ini dengan cara yang pertama ataupun cara yang kedua yaitu di mana pada bagian bawah kita sayat maka pada bagian atas kita buang atau potong tiga hingga empat daun teratas.

Adenium Jenis Arabicum

Hasil Perbanyakan Cabang Adenium

Untuk hasil tentu akan bervariasi tergantung pada kualitas bibit adenium yang kita gunakan dan sekali lagi bahwa apapun treatment yang dilakukan pada Adenium untuk tujuan tertentu, kesehatan dan kesuburannya ikut menentukan hasilnya.

Untuk tips terakhir agar bibit adenium tersebut bisa tumbuh seperti ini maka diperlukan perawatan rutin dan berkala serta perlakuan lanjutan misalnya cara menyamakan cabang, spasi dan lain-lain. Dan setidaknya sudah ditunjukkan dalam beberapa postingan di blog ini.

Oke, cukup sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan jadikan keterbatasan untuk tidak berkreasi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pertumbuhan Adenium Lambat