Assalamu’alaikum Wr. Wb. Hai sobat pecinta tanaman hias, di postingan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara memperbanyak tanaman begonia curly cathedral. Tanaman hias ini sebenarnya sudah dikenal secara umum oleh masyarakat, namun bentuknya yang unik menjadikan tanaman ini dicari oleh banyak kolektor tanaman hias.

Untuk cara menanam dan merawatnya pun tidak sulit ya sobat. Tidak perlu terlalu banyak pupuk dan tidak perlu sering-sering disiram karena tanaman ini jika terlalu basah media tanamnya maka akan cepat busuk pada batang dan juga daunnya.

Kenapa disebut Begonia Cathedral Curly? karena memang bentuk daunya ini kriwil. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Begonia Curly Cathedral

Begonia Curly Cathedral

Terlihat jelas sekali bahwa daun yang masih kecil bergelombang / kriwil. Untuk karakteristik warna bisa dilihat pada daun bagian atas berwarna hijau kecoklatan, bagian bawah daun berwarna merah tua kombinasi dengan hijau cerah, kemudian diselimuti oleh duri-duri halus dibawah daun.

Untuk karakteristik daun Begonia Curly yang sudah tua, bisa dilihat juga mempunyai tekstur mengkilap pada daun bagian atas, warnanya hijau tua, kemudian warna daun bagian bawah ada merah kecoklatan kombinasi dengan warna hijau. Cuman untuk daun yang sudah tua, duri-duri halusnya tidak sebanyak yang masih kecil.

Media Tanam Untuk Begonia Curly Cathedral

Untuk media tanamnya sendiri bisa memakai:

  1. Tanah dicampur dengan sekam mentah.
  2. Pupuk Organik.

Tujuan dari pemakaian sekam mentah adalah agar media tanamnya itu mempunyai sifat poros. Sehingga saat penyiraman, air tidak terlalu lama menggenang di dalam pot.

Untuk daun Begonia yang sudah tua, kita bisa trimming atau membuangnya saja agar bisa regenerasi daun yang baru. Nah, bagaimana cara memperbanyaknya? Kita bisa memotong batang bagian bawah seperti gambar berikut ini.

Memotong Batang Begonia

Memotong Batang Begonia

Stek Batang Begonia

Untuk cara memotongnya, kita ambil bagian batang yang memang sudah tua. Kemudian kita tanam ke media tanam. Sebenarnya untuk perbanyakan kita bisa memotong batangnya saja tanpa disertai akar. Cuman kebetulan batang nya sudah tua dan nempel di media tanam, serta tumbuh tunas baru, maka alangkah baiknya kita potong beserta akarnya saja.

Stek Batang Begonia

Stek Batang Begonia

Langsung saja kita tanam batang yang sudah kita stek tadi ke media tanam. Tips agar batang kokoh saat di siram, kita bisa menekan media tanam sehingga batang tersebut kuat.

Media Tanam Ditekan Agar Batang Kokoh

Media Tanam Ditekan Agar Batang Kokoh

Setelah ditanam, jika medianya kering bisa langsung disiram. Tapi jika media tanamnya basah, maka bisa disiram keesokan harinya. Untuk penempatan sebaiknya tanaman begonia itu ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari pagi secara langsung, bisa diletakkan di teras rumah.

Demikian tips dan cara memperbanyak tanaman Begonia Curly Cathedral berikut dengan perawatannya. Silakan bagi yang sudah punya Begonia bisa dicoba untuk perbanyakannya. Semoga sukses dan tetap semangat ya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Cara Menanam Peace Lily