Sahabat Tani semuanya dimanapun anda berada, harga pupuk kian mahal akan tetapi hasil pertanian anda mungkin hasilnya stagnan gitu-gitu aja. Dalam postingan kali ini tanamanbuah.com akan menjelaskan esensi terpenting dari sebuah proses pemupukan dan bagaimana cara mengolah, memperbaiki struktur tanah yang rusak agar bisa subur untuk ditanami.

Dari definisinya, pemupukan adalah proses penambahan nutrisi bagi tanaman. Ingat, ada kata “penambahan” yang artinya nutrisi itu sudah tersedia di tanah kita namun seiring kita melakukan pemupukan dan terus dipupuk menggunakan pupuk kimia yang terjadi adalah kesuburan dari tanah itu semakin berkurang. Dan dampak negatif dari proses pemupukan kimia adalah membuat tanah menjadi semakin asam. Kondisi demikian mengakibatkan tanah sangat tidak bagus untuk ditanami.

Tanah Subur

Tanah Subur

Pengaruh Tanah Asam Pada Tanaman

Ketika tanah kondisinya asam atau PH-nya 5,0 maka pupuk apapun yang kita beri itu tidak akan bisa terserap optimal bagi tanaman kita. Maka dari itu yang perlu anda perbaiki adalah tanahnya, bukan pupuknya dulu. Kalau kita pupuk dan terus pupuk maka harga pupuk semakin mahal apalagi anda menggunakan pupuk majemuk contohnya NPK Mutiara atau NPK-NPK lain. Kalau anda terus menggunakan pupuk seperti itu mungkin bagus bagi tanaman tetapi tidak bagus bagi tanahnya.

Sebetulnya yang perlu diperbaiki adalah tanahnya. Ketika anda sudah melakukan perbaikan bagi tanahnya otomatis penggunaan pupuk itu sudah bisa dikurangin yang otomatis juga biaya produksi Anda jadi semakin menurun.

Di dalam perbaikan tanah itu ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  1. Pertama adalah berapa tingkat keasaman tanah anda. Ketika anda sudah tahu tingkat keasaman tanah anda berada pada pH 5 maka tingkatkan menjadi minimal 6,5.
  2. Selanjutnya adalah perbaiki tanah menggunakan penambahan agensi hayati. Agensi hayati itu biasanya ada bakteri yang dapat membantu untuk menguraikan bahan-bahan organik yang ada dalam tanah sehingga unsur hara mikro yang yang sebetulnya dibutuhkan dalam jumlah sedikit tapi sangat penting bagi tanaman itu justru lebih keluar. Karena dengan agensi hayati inilah yang akan memunculkan unsur hara mikro itu sendiri sehingga tanaman ada lebih banyak bisa menyerap unsur hara dari tanah Anda.

    Sebetulnya sederhana untuk menambah dari agensi hayati itu sendiri contohnya menggunakan trichoderma. Trichoderma itu ada trichoderma padat dan ada trichoderma cair. Untuk lebih jelasnya Anda bisa tanya ke penyuluh di desa masing-masing atau di kecamatan masing-masing. Anda tambahkan dulu agensi hayati dan Anda tambahkan dulu bakterinya supaya bakteri yang ada itu bisa menguraikan unsur-unsur hara sehingga unsur hara itu bisa lebih bisa terserap bagi tanaman Anda.

  3. Untuk memperbaiki struktur tanah anda bisa melakukan rotasi tanaman. Jangan menanam tanaman itu-itu terus. Karena kalau kita melakukan rotasi tanaman otomatis kita sebetulnya merefresh atau menyegarkan kembali tanah kita sehingga ketika tanah kita sudah segar otomatis kebutuhan pupuknya tidak terlalu banyak.

Perbaikan struktur tanah ini penting supaya efisiensi biaya atau biaya produksi Anda menjadi semakin ringan. Selain itu supaya tanaman anda menjadi lebih kebal dan sehat terutama bagi Anda yang tanam cabe. Kalau anda tanam cabe maka anda perlu menyehatkan dulu tanah Anda karena di cabe ada virus-virus tertentu yang pasti tidak bisa dikendalikan menggunakan pestisida.

Virus sifatnya hanya bisa dikendalikan menggunakan peningkatan daya tahan tubuh. Seperti ditahun ini ada virus corona yang belum diketahui obatnya, sehingga kita harus meningkatkan daya tubuh kita masing-masing agar terhindar dari virus ini. Begitu juga berlaku bagi tanaman. Jika kita ingin tanaman lebih kebal terhadap virus maka tingkatkan dulu kesehatan tanamannya. Bagaimana caranya ? yaitu meningkatkan kesehatan tanahnya dulu. Ketika tanah anda sudah sehat sebetulnya tanaman itu bisa cari makan sendiri.

Dan ketika tanaman sudah bisa cari makan sendiri Anda cukup tambah makanannya dalam jumlah yang tidak banyak sehingga terjadilah namanya efisiensi atau penurunan biaya produksi. Sehingga ketika hasilnya cuman itu-itu aja dan dijual dengan harga segitu saja tetapi karena ada penurunan biaya produksi maka keuntungan anda menjadi semakin besar.

Baca Juga: Cara Mengukur PH Tanah Sederhana