pemotongan cangkok

Cara Pemotongan Cangkok

Pada kesempatan kali saya ingin melakukan pemanenan cangkokkan / memotong cangkokkan yang sudah jadi, hasil dari cangkokkan beberapa bulan yang lalu. Cangkokkan ini sudah berumur 2 bulan setengah, dari gambar diatas sudah kelihatan akar nya. Jadi banyak teman-teman yang request bagaimana cara turun cangkok, nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memotong dan menanam cangkokkan agar berhasil.

baca juga : Cara Mencangkok Kelengkeng

Jadi langkah-langkah yang harus diperhatikan akan kita ulas secara mendetail sebagai berikut. Jadi yang paling pertama sekali waktu ingin memotong cangkok yaitu waktu. Lebih baik dilakukan pada sore hari diantara jam 4 dan 5 dimana cuaca dan suhu sudah menurun lalu kita melakukan pemotonan cangkok kalau seandainya suasananya panas. Tetapi kalau seandainya musim hujan, mau pagi atau sore juga tidak apa-apa, yang penting perlakuannya kita ikuti.

Pemotongan cangkok

Pemotongan Cangkok Yang Benar

Yang kedua, kita melakukan pemotongan dibawah cangkokkan pas, bisa dilihat gambar diatas. Kalau sudah dipotong maka otomatis yang dituntut bekerja untuk mengambil nutrisi adalah akar yang baru keluar. Sementara selama dia masih berhubungan dengan pohon induknya, akar tersebut belum bekerja menghantarkan nutrisi, tetapi dia sudah siap-siap melakukan fungsi menghantarkan makanan. Untuk membantu kerja akar yang baru tersebut, maka kita harus pikirkan, yaitu kita harus melakukan pemangkasan daun. Karena tidak mungkin akar yang baru tumbuh tersebut mengirim nutrisi atas tuntutan banyak daun diatas. Jadi lebih baik kita gunduli daun-daun yang dirasa berlebih.

vitamin B1

Perendaman Cangkokkan dengan vitamin B1 Betamin

Langkah yang ketiga, pohon cangkokkan sebelum dimasukkan ke media, biasanya saya rendam dulu dengan vitamin B1 dengan dosis perbutir 100 mg merk BETAMIN. Dosis nya satu butir untuk 2 liter air. Kemudian cangkokkan kita rendam dan ditaruh ditempat yang teduh misal di bawah paranet agar suhu stabil selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, kita mulai membuka cangkokkan untuk dipindahkan ke polybag. Masukkan media ke dalam polybag minimal 10 cm di dasar supaya akar nya nanti tidak terlalu mentok dengan tanah. Sekarang potong tali cangkokkan dengan hati-hati jangan sampai pecah tanah nya yang ada didalam plastik cangkokkan. Taruh kedalam polybag dengan posisi tegak lurus dan kita mulai isi dengan media sampai penuh.

tanam cangkok

Tanam Cangkokkan dengan Penopang Bambu

Langkah kunci terakhir, jangan disiram duluan sebelum ditopang (bisa dengan bambu). Karena kalau sudah disiram ada goyangan angin dan bergerak kiri-kanan kemungkinan nanti akan mati. Setelah itu kita lakukan penempatan dan kita siram dengan air hasil rendaman tadi (air bekas rendaman yang mengandung vitamin B1) sampai kedap. Karena tanaman sehabis pindah cangkok belum lagi menuntut air yang berlebih jadi kita siram cukup dua hari satu kali saja. Ataupun kita lihat kalau tanah nya masih lembab dan basah nggak usah disiram dulu. Kenapa ? kita siram terlalu banyak percuma karena daunnya sudah kita pangkas tadi. Semoga dalam waktu satu / dua minggu kita bisa pindahkan ke lahan.

Satu lagi, sehebat apapun kita melakukan pemotongan dan penanaman cangkokkan cuaca lah yang menentukan. kalau cuaca mendukung, insya Allah tanaman akan cepat tumbuh dan berkembang. Semoga bermanfaat dan salam sukses, maju terus pertanian Indonesia.