Ada beberapa cara untuk membedakan antara kelapa biasa dan kelapa kopyor. Yang pertama jika pohon terlalu tinggi dan anda tidak bisa memanjat bisa menggunakan cara tebak. Kita bisa memilih kelapa yang kering terlebih dahulu. Biasanya kelapa kopyor akan menjadi tua lebih cepat dibanding kelapa yang tidak kopyor.

kelapa kopyor

Kelapa Kopyor

Dan kita lihat digambar ini ada tiga yang sudah kering, padahal yang lain masih hijau. Ini menandakan yang kering ini tua lebih dulu dan kita bisa mengambilnya. Karena buah terlalu tinggi maka kita membutuhkan alat yaitu galah.

Baca Juga : Cara Mudah Menanam Buah Tin

Cara yang ke dua, jika pohon masih pendek, kita bisa menggunakan dua cara. Anggap saja ada cara A dan cara B. Cara A dengan cara mengetok buah kelapa, jadi karakteristik kelapa itu punya tiga benjolan dan tiga lekukan. Kita akan mengetok bagian lekukkan kelapa bukan di benjolan. Apabila bunyinya seperti ada peredam dan tidak nyaring bisa dipastikan itu adalah kelapa kopyor. Sedangkan dengan cara B yaitu mengguncang / mengkocok kelapa, biasanya kelapa kopyor itu ketika di kocok suaranya agak serak dan kemresek , sedangkan yang tidak kopyor suaranya agak nyaring.

Cara A dan B itulah yang sering digunakan oleh petani profesional. Sebab dengan cara A dan B tadi petani bisa memilih kelapa dalam keadaan masih muda. Kopyor yang masih agak muda rasanya akan lebih enak dibanding kopyor yang lebih tua apalagi yang sudah kering. Karena kelapa yang sudah kering rasanya akan lebih tengik dibanding yang muda.

Setelah memilih kelapa kopyor yang masih muda, petani akan membiarkan kelapa yang tidak kopyor di pohon, untuk mengering dan selanjutnya akan dibuat bibit. Sebab, bibit kelapa kopyor harganya akan lebih mahal dan ada nilai ekonominya dibanding jika menjualnya sebagai bumbu.

Ciri-Ciri Kelapa Kopyor

Perbedaan Kelapa Kopyor dan Biasa

Perbedaan Kelapa Kopyor dan Biasa

Cara ketiga untuk membedakan Kelapa Kopyor dan Biasa yaitu dengan mengenali ciri-ciri fisik daging kelapanya. Berikut ciri-ciri kelapa kopyor :

Dengan cara membedakan dagingnya, daging kelapa biasa keras, sedangkan kelapa kopyor Jika dibuka tempurungnya, kelapa kopyor lebih rapuh, lebih gembur dan empuk. Kemudian dari batoknya juga belum menghitam. Kalau sudah terlalu tua biasanya airnya berminyak.

Demikian cara membedakan antara kelapa kopyor dan biasa yang biasa penjual / petani lakukan, semoga bermanfaat dan tetap semangat maju terus pertanian Indonesia.